AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran, kebiasaan belajar, dan hasil belajar siswa, (2) pengaruh parsial pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar, (3) pengaruh parsial kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, (4) pengaruh simultan pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian berjumlah 199 siswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 67 siswa. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda meliputi uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi (R2). Data diolah menggunakan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan pembelajaran, kebiasaan belajar, dan hasil belajar tergolong dalam kategori cukup baik, (2) pelaksanaan pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai thitung=5,570 > ttabel=1,669, (3) kebiasaan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ditunjukan dengan nilai thitung=9,154 > ttabel=1,669. (4) pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai Fhitung=126,102 > Ftabel=3,14.Kata Kunci: hasil belajar, kebiasaan belajar, pelaksanaan pembelajaran