ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN PENANGANAN KREDIT MACET PADA KOPERASI KREDIT SWASTIASTU SINGARAJA TAHUN 2012

Penulis

  • Putu Sri Utami .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Drs. Wayan Cipta,M.M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.1905

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem pengendalian intern pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja tahun 2012, (2) prosedur pemberian kredit pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja tahun 2012, (3) penyebab kredit macet pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja tahun 2012, (4) cara mengatasi kredit macet pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja tahun 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Data kualitatif yaitu berupa dokumen-dokumen penting dan catatan lainnya yang mendukung dalam pengolahan data, sedangkan data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentansi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem pengendalian intern pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja adalah (a) struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional yang tepat, (b) sistem wewenang dan prosedur pembukuan yang baik, (c) praktek- praktek yang sehat, dan (d) tingkat kecakapan pegawai yang sesuai dengan tanggung jawabnya (2) prosedur pemberian kredit pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja diawali dengan kedatangan calon debitur ke bagian kredit untuk meminta formulir surat permohonan pinjaman dan diisi dengan syarat yang telah ditentukan, (3) penyebab kredit macet pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja yaitu (a) debitur mengalami kebangkrutan, (b) kemampuan melunasi besarnya kewajiban berkurang, (c) adanya masalah keluarga, (4) upaya untuk mengatasi kredit macet pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja yaitu (a) melakukan kunjungan secara kekeluargaan, (b) mengadakan pengawasan kepada debitur, (c) memberikan surat peringatan, (d) melakukan sita jaminan.
Kata Kunci : Pengendalian Intern, Kredit Macet, Koperasi

This study aimed to determine (1) the internal control system in Credit Cooperative Swastiastu Singaraja in 2012, (2) the lending procedures Credit Cooperative Swastiastu Singaraja in 2012, (3) the cause of bad loans on Credit Cooperative Swastiastu Singaraja in 2012, (4) how to resolve credit stalled on Credit Cooperative Swastiastu Singaraja in 2012. This research is descriptive research. The type of data used is qualitative data. Qualitative data in the form of important documents and other records that support the processing of data, while data were collected is by interview and documents, then analyzed descriptive. The results showed that (1) the internal control system in Credit Cooperative Swastiastu Singaraja is (a) the organizational structure that separates the right functional responsibilities, (b) a system of authority and good bookkeeping procedure, (c) healthy practices, and (d) the level of employee skills appropriate to their responsibilities (2) lending procedures in Credit Cooperative Swastiastu Singaraja begins with the arrival of the debtor to the credit department to request a loan application letter and form is filled with a predetermined condition, (3) causes of bad loans on Credit Cooperative Swastiastu Singaraja namely (a) i declair bankrupt debtor, (b) the ability to pay the amount of liability is reduced, (c) family problems, (4) an attempt to overcome the bad debts on credit Credit Cooperative Swastiastu Singaraja namely (a) the basis of family visits, (b) to supervise the debtor, (c) provide a warning letter, (d) conduct a foreclosure.
keyword : Internal Control, Bad Credit, Cooperative

Diterbitkan

2014-01-03

Terbitan

Bagian

Articles