PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2014- 2015.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19982Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh struktur aktiva terhadap struktur modal (2) pengaruh profitabilitas terhadap struktur modal (3) pengaruh likuiditas terhadap struktur modal (4) pengaruh ukuran perusahaan terhadap struktur modal dan (5) pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap struktur modal secara simultan. Jenis penelitian ini adalah klausal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 33 perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di (BEI). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi berupa data laporan keuangan perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di (BEI) tahun 2014-2015. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t, uji f, regresi linier berganda dengan persamaan regresi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel struktur aktiva berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung 9,654 dan signifikan 0,00 (2) variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung 3,226 dan signifikan 0,002 (3) variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung 3,223 dan signifikan 0,002 (4) variabel likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung 1,627 dan signifikan 0,109, dan (5) variabel struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai F hitung 63,568 dan signifikan 0,00. Besarnya koefisien determinasi 0,794 atau sebesar 79,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.