STUDI KOMPARATIF KEPUASAN PELANGGAN ANTARA LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) DAN LISTRIK KONVENSIONAL (PASCABAYAR) PADA PT. PLN (PERSERO) AREA BALI UTARA RAYON SINGARAJA

Penulis

  • Ni Ketut Henny Oktavianti Putri Jaya
  • Kadek Rai Suwena
  • Made Ary Meitriana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20103

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui,  kepuasan   dan   perbedaan   kepuasan pelanggan listrik pintar (prabayar) dan pelanggan listrik konvensional (pascabayar) pada PT. PLN (Persero) Area Bali Utara Rayon Singaraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. PLN (Persero) Area Bali Utara Rayon Singaraja dengan sampel sebanyak 200 pelanggan dari 100 pelanggan listrik pintar (prabayar) dan 100 pelanggan listrik konvensional (pascabayar), diambil dengan teknik proportional area random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dianalisis menggunakan teknik analisis Independent-Sample T-test yang diolah dengan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunujukkan bahwa, kepuasan pelanggan listrik pintar (prabayar) secara total harapan dan perasaan pelanggan termasuk kategori puas yang berada pada rentang skor 10.201 – 12.600, rata-rata kepuasan pelanggan listrik konvensional (pascabayar) secara total harapan dan perasaan pelanggan termasuk kategori puas yang berada pada rentang skor 10.201 – 12.600, ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan listrik pintar (prabayar) dan listrik konvensional (pascabayar) dengan harapan pelanggan diperoleh thitung    > ttabel (19.008 > 1.653) sedangkan perasaan pelanggan diperoleh thitung > ttabel (13.208 > 1.653).

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles