PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TALKING STICK BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 SINGARAJA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post-Test Only Control Group Desain. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan kelas VIII E. Objek penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Singaraja. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t sebesar 3,830 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.