PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SERIRIT

Penulis

  • Nur Qibtiyah
  • Naswan Suharsono
  • Iyus Akhmad Haris

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20114

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran yang dibuat guru sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, penerapan pendekatan saintifik, dan keterlaksanaan penerapan pendekatan saintifik  dalam mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Seririt. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat guru yaitu, pemetaan SKL, KI, dan KD, silabus, RPP, program tahunan, dan program semester. Sedangkan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 yang seharusnya dimiliki guru diwujudkan dalam buku kerja. Dalam penerapan pendekatan saintifik, kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran IPS di kelas VII B  telah dilaksanakan  sesuai dengan  langkah-langkah pendekatan saintifik. Pada pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VII, guru dihadapkan berbagai hambatan yaitu ada beberapa siswa yang belum lancar membaca dan ada siswa yang terlambat masuk kelas karena sedang mendapat hukuman akibat dari melanggar peraturan sekolah. Adapun solusi yang dilakukan guru adalah bagi siswa yang tidak bisa membaca diberikan pembinaan khusus dan bagi siswa yang melanggar diarahkan untuk meningkatkan kedisiplinan.

Diterbitkan

2019-06-11

Terbitan

Bagian

Articles