FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA SMP SARASWATI SINGARAJA TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA TAHUN AJARAN 2017/2018

Penulis

  • Luh Herlin
  • I Wayan Suwendra
  • Iyus Akhmad Haris

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20137

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa SMP Saraswati Singaraja dan faktor yang paling dominan mempengaruhi persepsi siswa SMP Saraswati Singaraja terhadap evaluasi pembelajaran IPS Terpadu pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitain ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Saraswati Singaraja yang berjumlah 109 siswa dan sampel ditentukan sebanyak 86 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis faktor dengan program SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi persepsi siswa SMP Saraswati Singaraja terhadap evaluasi pembelajaran IPS Terpadu pada tahun ajaran 2017/2018 yaitu faktor internal meliputi, faktor psikologis dengan nilai variance sebesar 56,578% dan faktor eksternal meliputi, faktor objek dengan nilai variance sebesar 23,767% dan faktor lingkungan dengan nilai variance sebesar 19,656%. Faktor internal meliputi faktor psikologis menjadi faktor yang paling dominan, karena memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 56,578%, artinya bahwa faktor internal meliputi faktor psikologis mampu menjelaskan persepsi siswa sebesar 56,578%.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles