Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pendekatan saintifik, hambatan yang dialami serta solusi yang diambil guru untuk peningkatan penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Seririt. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Pelaksanaan proses pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Seririt, guru sudah menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari 5 langkah yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mengeksplor, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Tahap evaluasi dilakukan dengan penilain tes maupun nontes. Hambatan-hambatan yang dialami oleh guru yaitu tidak terlaksananya karyawisata, pemahaman siswa terhadap materi masih rendah,dan rendahnya kemampuan membaca sebagaian peserta didik. Adapun solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah menggunakan media alternatif, pemberian remidi dan pengayaan, dan memberikan pelatihan membaca