Analisis Kinerja Koperasi Dengan Metode Pemeringkatan (Studi Kasus Pada Ksu Nirmala Tirta)

Penulis

  • Ida Bagus Wahyu Bimantara Economic Education Depertmen, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwendra
  • Made Ary Meitriana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21612

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Koperasi Serba Usaha Nirmala Tirta tahun 2017, berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UMKM No. 06/Per/M.KUKM/III/2008 tentang Pedoman Pemeringkatan Koperasi.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder, sedangkan subjek penelitian ini adalah Pengurus, Pengawas, Anggota KSU Nirmala Tirta dan Kepala Dusun Melanting. Objek penelitian ini adalah kinerja KSU Nirmala Tirta.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner.Untuk menilai KSU Nirmala Tirta digunakan Evaluation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) kinerja Koperasi ditinjaudari aspek badan usaha aktif mendapatkan skor 73, (II) kinerja Koperasi ditinjau dari aspek kinerja usaha yang semakin sehat mendapatkan skor 92, (III) kinerja Koperasi ditinjau dari aspek kohesivitas dan partisipasi anggota mendapatkan skor 48, (IV) kinerja Koperasi ditinjau dari aspek orientasi kepada pelayanan anggota mendapatkan skor 105, (V) kinerja Koperasi ditinjau dari aspek pelayanan kepada masyarakat mendapatkan skor 19, (VI) kinerja Koperasi ditinjau dari aspek kontribusi terhadap pembangunan daerah mendapatkan skor 11jadi KSU Nirmala Tirta tahun 2017 mendapatkan peringkat  berkualitas dengan total skor 348.

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Articles