PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 SMA SARASWATI SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Penulis

  • Kadek Sugiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v1i1.468

Abstrak

Abstrak

Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramblebertujuan untuk mengetahui:   (1) peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa, dan (3) respons siswa terhadap penerapan Scramble. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Saraswati Singaraja pada tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap Siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang didalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi.Data mengenai aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes objektif pada setiap akhir siklus, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket.Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipeScrambledapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa pada Siklus I sebesar 6,41 yang berada pada kategori cukup aktif menjadi 8,39 yang berada pada kategori cukup aktif pada Siklus II, meningkat menjadi 10,66 yang berada pada kategori aktif pada Siklus III, (2) hasil belajar pada Siklus I ketuntasan belajar diperoleh persentase 45,83%, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase 79,17%, dan pada Siklus III ketuntasan belajar meningkat dengan persentase 100,00%, (3) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipeScramble pada pelajaran Ekonomi mendapat respon positif dengan nilai rata-rata sebesar 38,41.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, aktivitas belajar, hasil belajar, dan respons siswa.

Diterbitkan

2013-04-12

Terbitan

Bagian

Articles