Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 20 Pangkep

Penulis

  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Negeri Makassar
  • Sahrul Ramadhan universitas negeri makassar
  • Inanna universitas negeri makassar
  • Nurjannah universitas negeri makassar
  • Thamrin Tahir universitas negeri makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.48642

Kata Kunci:

Learning Methods, Blended Learning, Learning Motivation

Abstrak

This study aims to determine and analyze the effect of applying blended learning on students' learning motivation in economics subjects at SMA Negeri 20 Pangkep. The research method in this research is quantitative method, and the data collection method in this study is through observation, documentation and questionnaires or questionnaires. The number of samples in this study were 95 from 129 students majoring in Social Sciences with grade X and grade IX at SMA Negeri 20 Pangkep and then analyzed using simple linear regression analysis. Based on the results of the study, it shows that there is a significant influence in the application of the blended learning on students' learning motivation in economic subjects at SMA Negeri 20 Pangkep. The simple linear regression equation shows the effect of the application of the blended learning learning method on students' learning motivation in economic subjects at SMA Negeri 20 Pangkep has a positive influence, and the magnitude of the influence of the application blended learning on students' learning motivation in economics subjects in SMA Negeri 20 Pangkep, amounted to 41.1% while 58.4% was influenced by other factors.

Referensi

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 3(5), 1993–2000. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/703

Achmad, S. N., Supatminingsih, T., Inanna, Hasan, M., & Rahmatullah. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Stad. Ekonomi, Sosial & Humaniora, 02(02), 105–111.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392).

Anggraini, N., Suana, W., & Sesunan, F. (2020). Pengaruh Penerapan Blended Learning pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 22–36.

Aritantia, Y., Muslim, S., Wibowo, T., Rijanto, T., & Cholik, M. (2021). Kajian Literatur Sistematis Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(2), 178–185.

Ariyanto, A., & Sulistyorini. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(2), 103–114. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Dayu Rika Perdana, & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 89–101.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Eastman, P. (2015). Blended Learning Design Guidelines. Philology matters, (March), 164–174.

Elmeida, I. F., & Pranajaya, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang. Jurnal Keperawatan, XIII(1), 35–41. Retrieved from http://www.ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/848

Forum, T. E. A. D. (2020). The Covid-19 Induced Learning Loss – What Is It And How It Can Be Mitigated. Le Thu Huong and Teerada Na Jatturas. Retrieved from https://www.ukfiet.org/2020/the-covid-19-induced-learning-loss-what-is-it-and-how-it-can-be-mitigated/

Hajanah, S., Sultani, & Auliah, N. (2020). Peran media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Gambut. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 1–7.

Hasan, M., Thamrin, M. I., Rahmatullah, R., Pratama, M. A. D., & Darwis, N. W. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Berbagai Jenjang Pendidikan di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 47.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49.

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48.

Masban, B. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Chemistry Education Practice, 4(3), 301–309.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51–66.

Milya Sari. (2014). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17(2), 126–136.

Morrar, R., Arman, H., & Mousa, S. (2017). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Social Innovation Perspective. Technology Innovation Management Review, 7(11).

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98.

Munzadi, M. (2018). Pengaruh Blended Learning Berbasis Rotation Model Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Ma Matholiul Anwar Lamongan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 125–132.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472–484. Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Porter, W. W., Graham, C. R., Spring, K. A., & Welch, K. R. (2014). Blended learning in higher education: Institutional adoption and implementation. Computers and Education, 75, 185–195. Elsevier Ltd. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2014.02.011

Rahmatullah, R., Muhammad Hasan, Muhammad Ihsan Said Ahmad, Andi Tenri Ampa, & Nur Arisah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Pada Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 18–33.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Rohman, A. (2020). Implementasi Teori Pembelajaran Blended Learning dalam Menyeimbangkan Kapabilitas Belajar pada Era Digital (Studi Kasus di Prodi PAI Universitas Alma Ata Yogyakarta). An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 7(1), 33–51.

Sahade, S., Rijal, H. A., & Nur, A. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(2), 61–70. Retrieved from http://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/98%0Ahttp://www.journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/download/98/73

Siahaan, S. D. N., & Pramana, D. (2020). Strategi Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi, Hasil, dan Mutu Belajar Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 97–109.

Syukur, N., Thaief, I., Rahmatullah, Hasan, M., & Inanna. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on the Draw untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 2(1), 19–26. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=6SEH4oYAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=6SEH4oYAAAAJ:qUcmZB5y_30C

Ulfiyati, U., & Ulya, H. (2021). Pembelajaran Blended Learning Berbasis Rotation Model terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 89–94.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis dibidang pendiidkan. (Junwinanto, Ed.) (1st ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyu Dewi Pratiwi. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru Dan Orang Tua. EDUKASI NONFORMAL, 2(1).

Wahyuni, D., Inanna, I., Marhawati, M., Hasan, M., & Rahmatullah, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1), 1–9. Retrieved from https://www.ojs.unm.ac.id/ijses/article/view/14925/8712

Wahyuni, R., & Nurhayati. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1292/1035

Diterbitkan

2022-12-18

Terbitan

Bagian

Articles