PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.4881Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (2) pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (3) pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (4) besarnya pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk KFC Singaraja dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan metode acedental sampling. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for windows 17.0 yang meliputi uji-t, uji F, dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 4.501 > ttabel = 2,000 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 8,232 > ttabel = 2,000 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (3) faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 103,569 > Ftabel = 3,11 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) besarnya pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja adalah 68,3%, hal tersebut ditunjukan dari nilai analisis koefesien determinasi yaitu 0,683 atau 68,3%.Kata Kunci : faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian, KFC
This study aimed at find (1) the effects of personal factors toward purchase decision of KFC Singaraja consumer, (2) the effects of psychological factors toward purchase decision of KFC Singaraja consumer, (3) the effects of personal and psychological factors upon the consumer's purchase decision in KFC Singaraja (4) how does personal and psychological factors affects the consumer's purchase decision in KFC Singaraja. The type of this study was causal study. The populations of this study were KFC's consumers which have been buying the KFC's products. The total number of the samples were 96 samples. The sampling was done by using acendental sampling method. The data was gained by using questionnaire method and then analyzed by using SPPS for windows 17.0 program. The analysis of the data in SPPS including t-test, f-test and coeficient determination. The result of the study showed that (1) Personal factors affects the consumer's purchase decisions in KFC Singaraja, it was proven by the value of tvalue = 4.501 > ttable = 2,000 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) Psychological factor affects the consumer's purchase decision in KFC Singaraja , it was proven by the value of tvalue = 8,232 > ttable = 2,000 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (3) Consumer's purchase decision in KFC Singaraja was affected by personal and psychological factors, it was proven by the value of Fvalue = 103,569 > Ftable = 3,11or p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) The personal factors and psychological factors affect consumer's purchase decision of KFC Singaraja for about 68,3%, it was proven by using coeficient determination analysis, which showed value 0,683 or 68,3%.
keyword : : personal factors, psychological factors, purchase decision, KFC
Diterbitkan
2015-03-29
Terbitan
Bagian
Articles