STUDI KOMPARASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KERJA GURU SLTP SWASTA SE-KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5094Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan gaya kepemimpinan kepala sekolah laki-laki, (2) kecenderungan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan, (3) tingkat kepuasan kerja guru dalam pengaruh kepemimpinan kepala sekolah laki-laki, (4) tingkat kepuasan kerja guru dalam pengaruh kepemimpinan kepala sekolah perempuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Total populasi berjumlah 179 orang guru yang tersebar pada 11 SLTP Swasta di Kecamatan Buleleng. Sampel yang representative menurut Rumus Slovin sejumlah 132 orang guru dan dikelompokkan menjadi 2 kelompok sample yaitu kelompok guru yang berada dalam pengaruh kepemimpinan laki-laki dan kelompok guru yang berada dalam pengaruh kepemimpinan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepala sekolah laki-laki cenderung menggunakan gaya kepemimpinan otokratis, (2) kepala sekolah perempuan cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, (3) kepuasan kerja guru yang berada dalam pengaruh kepemimpinan kepala sekolah laki-laki sebesar 73,38%, (4) kepuasan kerja guru yang berada dalam pengaruh kepemimpinan perempuan sebesar 97,22%Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja.
This study was purposed to know about (1) tendency of male headmaster leadership style, (2) tendency of female headmaster leadership style, (3) the teacher job satisfaction level who work under male headmaster, (4) the teacher job satisfaction level who work under female headmaster. Descriptive method with quantitative approach was used in this study. Data collected by questionnaire method. Total population was 179 teachers that work in 11 private junior high schools. The representative sample in Slovin formula was 132 teachers. The sample will distribute into 2 sampling group, first group for teacher who work under male leadership style and second group for teacher who work under female leadership style. The result was (1) male headmaster has a tendency to used autocratic leadership style, (2) female headmaster has a tendency to used democratic leadership style, (3) teachers job satisfaction that build by male headmaster leadership style was 73,38%, (4) teachers job satisfaction that build by female headmaster leadership style was 97,22%.
keyword : Leadership style, Job Satisfaction
Diterbitkan
2015-06-29
Terbitan
Bagian
Articles