Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v16i1.52538Kata Kunci:
interest in learning, learning outcomes, class XI studentsAbstrak
This study aims to determine the effect of learning interest on the learning outcomes of class XI students in economics at SMA Negeri 1 Sawan for the academic year 2021/2022. This type of research is using causal research. The population in this study were all students of class XI at SMAN 1 Sawan, where the total population of class XI at SMAN 1 Sawan was 202 people. Sampling using the Proportional Random Sampling technique, from Slovin's calculations, the number of respondents was 134 people. The data collection method used in this research is in the form of a questionnaire. The data obtained in the form of the results of a questionnaire containing the student's response to interest in learning with a Likert scale. In this study, we used simple regression analysis and hypothesis testing. Simple Regression Analysis, Y = a + bX. The results showed that there was a positive and significant influence on the learning interest of a class XI IPS student on economic learning outcomes at SMAN 1 Sawan.
Referensi
Akhiruddin, D. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Daniati, W. (2021). Pegaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Islam Peserta Didik di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Skripsi. Prgram Studi Pendidikan Agama Islam, Instutut Agama Islam Negeri Parepare, 1(1).
Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Fakultas Tarbiyah Dan Tadris.Institut Agama Islam Negeri Bengkulu., 1(1).
Hardani, D. (2021). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Holik, A. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Ketapang. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi-Sosial, 3(28).
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/4052
Istiqomah, L. (2009). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.
Kartini, D. P. W. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA NEGERI 15 Bandung Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi.Program Studi Pendidikan Ekonomi.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pasundan.
Khairunnisak. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tambang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi.Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Implus dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Islma Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ngestiantoro, I. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nugraha, Sobron Adi, D. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian.
Parwati, Ni Nyoman, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Setyoningrum, Ayu, D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Gammath.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Susanto, H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.