Pengaruh Literasi Digital dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v16i2.78673Kata Kunci:
Digital Literacy, Learning Environment, Learning OutcomesAbstrak
This study aims to determine the influence of digital literacy and the learning environment on student learning outcomes. The research that will be used in this study is quantitative research. Data collection is carried out by distributing questionnaires, and then the data is processed using the SPSS application. The collected data will be tested by descriptive statistical analysis, instrument tests, classical assumption tests, and hypothesis tests. The total respondents were 297 students. The results of hypothesis testing gave the following results: (1) digital literacy has a positive and significant effect on learning outcomes in economics subjects in grades X, XI and XII at SMA N 2 Singaraja, (2) the learning environment has a positive and significant effect on learning outcomes in economics subjects in grades X, XI and XII at SMA N 2 Singaraja and (3) digital literacy and the learning environment have a significant effect simultaneously on learning outcomes in subjects economics class X, XI and class XII at SMA N 2 Singaraja.
Referensi
Anshori, S. Dadang dan V.S. Damaianti. 2021. Literasi dan Pendidikan Literasi. Cetakan Ke-1. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2021). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR: BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105-110.
Arryadna, D.A.P dan Pratiwi, V. 2022. “Pengaruh Literasi Digital, Tingkat Pendapatan Orang Tua, dan E- learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi”.Volume 4, Nomor 4 (hlm. 5783–5793).
Elpira, B. 2018. “Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh”. Volume 5, Nomor 2 (hlm.80).
Farid, M.M. 2017. ”Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri 1 Wringinanom Gresik”. Volume 2, Nomoe 2 (hlm. 142).
Handayani, A.E., dkk. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Cetakan Ke-1. Sumatera Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Handayani, A.E., dkk. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Cetakan Ke-1.
Kajin, Sudar. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto”.Volume 2, Nomor 1 (hlm.
–142).
Kartika, D.T. 2013. ”Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1Jombang”. Volume 1, Nomor 3 (hlm. 1–15).
Laela, A.N., dkk. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Cetakan Ke- 1.
Lusiana, E., & Sariwulan, T. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMAN JAKARTA PUSAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 120-128.
Marwan, Didi. 2013. “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar SiswaKelas X Mata Pelajaran IPS di SMK”. Volume 1, Nomor 997 (hlm. 37–39).
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (STUDI di MEREK DAGANG CUSTOMADE INDONESIA)” Volume 6, Nomor 1 (hlm. 1–10).
Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Era Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(2), 31.
Ratna Handayati. 2016. “Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank Jatim Cabang Lamongan (Suatu Studi Pada Bank Jatim Cabang Lamongan)”. Volume 1, Nomor 2
(hlm. 1–14).
Ricardo, R. dan Meilani, R. I. 2017. “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 79).
Ricardo, R. dan Meilani, R. I. 2017. “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 79).
Tolok, T. K., & Data, A. (2023). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nubatukan. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 2(1), 119-126.
Umi Chulsum. 2017. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya”. Volume 5, Nomor 1 (hlm. 5–20).
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., & Belang, K. A. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda”. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 103–117).
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. 2019. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa”. Volume 7, Nomor 1 (hlm. 79).
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28-37.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.