PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM RANGKA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8663Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas, dan (2) hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui penerapan metode pembelajaran brainstorming pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 15,75 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 18,75 dengan kategori aktif pada siklus II. (2) penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 72,13 dengan kategori cukup selanjutnya meningkat menjadi 81,37 dengan kategori baik pada siklus II.Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar dan metode pembelajaran Brainstorming
This research aims to know (1) raising activities, and (2) the results of learning economic subject through the implementation of brainstorming learning methods for student in XI IPS 1 class SMA negeri 1 Sukasada on academic year 2016/2017. This research is the research action class which is done in two cycle with phases of every cycle include planning, action, observation and evaluation, as well as a reflection. The activity of learning data collected with observation methods and the results of learning data collected through test methods. The data that had been collected analyzed by using a descriptive quantitative analysis. The results of the research show that (1) the implementation of brainstorming learning methods can be increasing the activity of student learning which shown with an average of the scores of learning activities first cycle is 15,75 with the category of quite active next increased to 18,75 with the category of activein second cycle. (2) the implementation of brainstorming learning methods can be increasing the student result of learning which shown with an average of the scores of learning result first cycle is 72,13 with the category of enough next increased to 81,37 with the category of good on second cycle.
keyword : Learning activities, learning outcomes and brainstorming learning methods
Diterbitkan
2016-11-02
Terbitan
Bagian
Articles