Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan Model Card Sort
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang kurang perhatian oleh siswa di dalam kelas dapat mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang baik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Geografi melalui model pembelajaran sortir kartu. Metodelogi penelitian tindakan kelas digunakan dalam studi ini. Hasil studi menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek kognitif pada siklus I sebesar 82,9, tingkat ketuntasan klasikal berkisar antara 90,60% sampai dengan 85,71, dan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 94%. Nilai afektif siswa pada siklus I sebesar 80,07, dan pada siklus II sebesar 85,54. Nilai psikomotor siswa pada siklus I adalah 79,29 dan siklus II 85,93. Kesimpulan dari studi ini adalah hasil belajar IPS 1 geografi siswa kelas X meningkat melalui penggunaan model card sorting.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ady Sampurna Arifin. (2021). Pembelajaran Menyenangkan. Diakses 12 Januari 2021 dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-menyenangkan/
Arrasyid, A. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Sikap Sosial. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14411
Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., … Rahim, A. R. (2021). Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249
Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014).Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hanifah, E. N., & Wulandari, T. (2018). Penggunaan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20184
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kurniawati, H., Murniati, N. A. N., & Nuvitalia, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Pembangunan Mranggen Kelas X Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v4i2.2580
Katarina Keo. 2016. “Masalah-masalah Belajar Dalam Kelas”. Skripsi. Universitas Nusa Cendana. Kupang.
Musfiqon, H.M.& Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (cet pertama). Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Macam-macam Tujuan Pembelajaran Geografi. (2021). Diakses pada 26 November 2021, dari https://kumparan.com/kabarharian/macam-macam- tujuan- pembelajaran-geografi-1wzEBSh51fQ/full
Nasution, S., Afrianto, H., NurFadillah Salam, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M.,Agent, S. G., … Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Pendidikam. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Sardiyanah, S. (2020). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam &Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al- qalam.v7i1.187
Silberman, M. L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa Cendekia.
Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research. https://doi.org/10.3102/00346543050002315
Sutopo, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tentang KPK dengan Model Pembelajaran Card Sort Berbantu Media Kartu Bilangan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3945
Sundari, S. (2016). Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kompetensi Dasar Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Card Sort pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Ponorogo. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.58
Suyono & hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syofyan, S. (2021). Upaya Penerapan Model Pembelajaran Card Sort dalam Peningkatan Prestasi Belajar Sosiologi Kelas X MIA 1 SMAN 5Baatanghari. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP). https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1553
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 ( The Understanding Of Model Of Teaching In Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3792