Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Study Dalam Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Tanjung Mutiara

Isi Artikel Utama

Rima Yunita
Erna Juita
Momon Dt Tanamir

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa salah satunya disebabkan karena rendanya kemampuan aplikasi sisswa dalam pembelajaran geografi. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui dan menganalisis tentang penerapan metode pembelajaran outdoor study dalam meningkatkan kemampuan aplikasi siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dan kelas sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak tujuh puluh siswa, dengan kelas eksperimen X5 dan kelas konrol X6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa test. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran outdoor study berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan aplikasi siswa, hal tersebut diperoleh dari asil rata rata pre test kelas eksperimen sebanyak 43,75 kelas kontrol sebanyak 51,19, sedangkan hasil rata rata post test kelas eksperimen sebanyak 86,35 dan kelas kontrol 83,66. Diperoleh hasil dari uji t didapatakan  sedangkan . Dengan demikian  maka hipotesis alternatif diterima, yaitu perbedaan siswa menikuti pembelajaran menggunakan metode outdoor study dengan siswa yang tidak menggunakan metode tersebut.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amellia, D., Hasil, A., Matelmatika, B., Pada, S., Bahasan, P., Amellia, D., Fatahillah, A., Matelmatika, P., Kelgulrulan, F., & Ulnelj, Ul. J. (2015). Analisis Hasil Bellajar Matelmatika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpulnan Belrdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kellas VII-A di SMPN 14 Jelmbelr Basic Cognitivel Bloom Taxonomy Class VII-A in SMPN 14 Jelmbelr ).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi bellajar selbagai deltelrminan hasil bellajar siswa. Julrnal Pelndidikan Manajelmeln Pelrkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikulnto, S. (2010). Proseldulr pelnellitian. Jakarta: Rinelka Cipta 2010.

Danny, M. (2018). Sistelm Informasi Gelografi Pariwisata Kabulpateln Karanganyar Belrbasis Android. Julrnal SIGMA, 8(1), 33–42.

Elrna Julita, Rahmi Zullfa, H. El. (2017). Pelngelmbangan Pelrangkat Aselsmelnt Pelmbellajaran Gelografi Belncana Ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Belrpikir Kritis. 434–439.

Gulnawan, I., & Palulti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Relvisi Ranah Kognitif. El-Joulrnal.Ulnipma, 7(1), 1–8. http://el-joulrnal.ulnipma.ac.id/indelx.php/PEl

Hidayah, R., & Puljiastulti, P. (2016). Pelngarulh Pbl Telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains Dan Hasil Bellajar Kognitif Ipa Pada Siswa Sd. Julrnal Prima Eldulkasia, 4(2), 186. https://doi.org/10.21831/jpel.v4i2.7789

Imam Gulnawan, anggarini R. P. (n.d.). Taksonomi Bloom relvisi Ranah Kognitif Kelrangka Landasan Ulntulk Pelmbellajaran Pelngajaran Dan Pelnilaian. 1, 98–117.

Julita, El. (2020). Melmahami Telks Narrativel Delngan Melnggulnakan Meltodel Rolel Playing. Joulrnal of Eldulcation Informatic Telchnology and Scielncel (JelITS), 2(2), 36–45.

Julita, El., Zullva, R., & Eldial, H. (2018). Profilel of Delvellopmelnt of Critical Thinking Stuldelnt Skills Asselssmelnt Instrulmelnt in thel Coulrsel Gelography of Disastelr. Sulmatra Joulrnal of Disastelr, Gelography and Gelography Eldulcation, 2(1), 147. https://doi.org/10.24036/sjdggel.v2i1.142

Kulswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. PT RElMAJA ROSDAKARYA.

Lelstari, D. G., & Irawati, H. (2020). Litelratulrel relvielw : pelningkatan hasil bellajar kognitif dan motivasi siswa pada matelri biologi mellaluli modell pelmbellajaran gulideld inquliry. Bioma, 2(2), 51–59.

Mulslimin B, Mulhammad Yulsulf Hidayat, S. A. (2018). Analisis kelmampulan siswa dalam melnyellelsaikan soal fisika belrbasis taksonomi kognitif bloom. 6(2), 96–101.

Qorimah, El. N., & Sultama, S. (2022). Stuldi Litelratulr: Meldia Aulgmelnteld Relality (AR) Telrhadap Hasil Bellajar Kognitif. Julrnal Basiceldul, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basiceldul.v6i2.2348

Rahmanellli. (2016). Kelcelrdasan Spasial dalam Pelmbangulnan dan Pelrelncanaan Pelmbangulnan. Prosiding Selminar Nasional Gelografi 2016, 53(9), 21–25. http://www.ellselvielr.com/locatel/scp

Ramlan Elffelndi. (2017). KONSElP RElVISI TAKSONOMI BLOOM DAN IMPLElMElNTASINYA PADA PElLAJARAN MATElMATIKA SMP Ramlan Elffelndi. Julrnal Ilmiah Pelndidikan Matelmatika, 2, 72–78.

Rosmawati, El. (2022). Analisis Kognitif Belrbasis Taksonomi Bloom Di SDN 86/X Harapan Makmulr Kabulpateln Tanjulng Jabulng Timulr. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/nelws-room/fact-shelelts/deltail/aultism-spelctrulm-disordelrs

Rulstam, S., & Santoso, A. B. (2015). Pelnelrapan Meltodel Oultdoor Stuldy Pada Pelmbellajaran Gelografi Kellas X Ips Ma Al Bidayah Kelcamatan Bandulngan Kabulpateln Selmarang Tahuln 2014/2015. Eldul Gelography, 3(8), 72–79.

Santi, I. A. G. (2019). PElNGARUlH MElTODEl OUlTDOOR LElARNING BElRBANTUl GADGElT TElRHADAP KElTElRAMPILAN GElNElRIK SAINS PElSElRTA DIDIK KElLAS X DI SMAN 1 TANJUlNG BINTANG. Αγαη, 8(5), 55.

Silvia Arianti. (2003). JUlRNAL MElRElTAS Volulmel 4, Nomor 1 | ISSN 2303 - 0100. Julrnal Melreltas, 4, 84–97.

Sulgiyono. (2015). MElTODEl PElNElLITIAN PElNDIDIKAN (Pelndelkatan Kulantitatif, Kulalitatif dan R&D). In Papelr Knowleldgel . Toward a Meldia History of Doculmelnts (Vol. 5253004, Issulel 021, pp. 1–15). Alfabelta.

Sulryani, I., Fatimah, S., & Julita, El. (2020). Adiwiyata School: Can Schools Form thel Charactelr of Stuldelnts Caring for Elnvironmelnt? Scielncel and Elnvironmelntal …, 2(2), 57–63. http://selnjop.ppj.ulnp.ac.id/indelx.php/selnjop/articlel/vielw/83

Tanamir, M. (2016). Hulbulngan Minat Telrhadap Belntulk Tels Dan Gaya Bellajar Siswa Delngan Hasil Bellajar Gelografi Di Sma Nelgelri Kabulpateln Tanah Datar. Culrriculla, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.987

Tasya Wullandari, Elrna Julita, M. D. T. (2021). Kellayakan Dan Prattikalitas WElB KUlDOLAR Belrbasis Android Telrhadap Kelmampulan Siswa Melnganalisis Dinamika Atmosfelr. Kellayakan Dan Prattikalitas WElB KUlDOLAR Belrbasis Android Telrhadap Kelmampulan Siswa Melnganalisis Dinamika Atmosfelr, 1(4), 601–613.

Wardani, H. (2019). Pelnelrapan meltodel Oultdoor Stuldy Dalam Melningkatkan Motivasi Bellajar Pelselrta Didikan Kellas IV Pada Mata Pellajaran Matelmatika Di Madrasah Ibtidayah Nelgelri 10 Bandar Lampulng. In Julrnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pelngajarannya (Vol. 27, Issulel 2). https://joulrnal.ulny.ac.id/indelx.php/diksi/articlel/vielw/23098