PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS TRIPLECHEM UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL PESERTA DIDIK

I Gusti Ayu Karla Komala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kimia berbasis TripleChem yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental peserta didik.  Desain penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974), meliputi define, design, develop, disseminate.  Subjek penelitian ini adalah modul kimia berbasis TripleChem, sedangkan objek penelitiannya adalah validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul ditinjau dari model mental peserta didik.  Penelitian dilakukan di SMA Dwijendra Denpasar pada bulan Desember 2020 - Juni 2021, dengan melibatkan peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5.  Hasil uji validitas isi (rentang skor 0 – 1), memperoleh rerata skor 1, termasuk kategori sangat valid. Hasil uji validitas kegrafikan (skor 0 – 1), memperoleh rerata skor 0,75, termasuk kategori valid. Hasil uji validitas bahasa (skor 0 – 1), memperoleh rerata skor 0,92, termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan berdasarkan hasil uji keterbacaan semua modul sebesar 4,33 (rentang skor 0 – 5), termasuk kategori sangat praktis. Kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan modul dalam pembelajaran di kelas XI MIPA 2 sebesar 4,41 (rentang skor 0 – 5), termasuk kategori sangat praktis. Rerata skor N-gain model mental siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 0,73 dan 0,74, termasuk kategori tinggi. Persentase model mental ilmiah (model konseptual) di kelas XI MIPA 1 naik sebesar 59,71% dari 10,00% menjadi 69,71%, sedangkan miskonsepsi turun sebesar 14,71% dari 15,29% saat pretest menjadi 0,59% saat posttest. Persentase model mental ilmiah (model konseptual) di kelas XI MIPA 5 naik sebesar 50,88% dari 6,16% menjadi 57,06%, sedangkan miskonsepsi turun sebesar 50,88% dari 50,88% saat pretest menjadi 0,00% saat posttest. Hasil tersebut menunjukkan modul kimia berbasis TripleChem sudah valid, praktis dan efektif. 


Keywords


modul kimia, TripleChem, model mental

References


REFERENSI

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Apriadi, N. N. S., Redhana, I W., & Suardana, I N. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Topik Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 2(2), 70-77.

Arends, R. I. 2007. Learning to teach (7th ed.). New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Borich, G. D. 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mac Millian Publishing Company.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. [Online]. Tersedia: http://www.bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2012/04/LaporanBSNP-2010.pdf diakses pada tanggal 20 September 2020.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Gregory, R., J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.

Hake R., R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Tersedia pada http://www.physics.indiana.edu/~/Analyzingchange-Gain.pdf (diakses 19 September 2020).

Hala, Y., Saenab, S., & Kasim, S. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Educational Science and Technology (EST). 1(3), 85 – 96.

Hamdi, Halim, A., & Pontas, K. 2015. Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA Sigli. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3 (2), 22-34.

Jansoon, N., Coll, R. K., & Somsook, E. 2009. Understanding mental models of dilution in Thai students. International Journal of Environmental & Science Education. 4(2), 147-168.

Lestari, P., W. 2012. Analisis Miskonsepsi Kimia pada Pembelajaran Termokimia Peserta didik Kelas XI SMAN 2 Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Linn, R., L. 1989. Educational Measurement. (3rd Ed.). New York: Macmillan Publishing Company.

Mentari, L., Suardana, I N., & Subagia, I W. 2014. Analisis Miskonsepsi Peserta didik SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. E-Journal Kimia Visvitalis. 2(1), 76–87.

Murningsih, M., N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Triplechem terhadap Model Mental Peserta Didik tentang Titrasi Asam Basa. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Retnawati, H. 2015. Akurasi Instrumen Skala Likert dan Pilihan Ganda untuk Mengukur Self Regulated Learning. Laporan Penelitian. Tidak Dipublikasikan.

Retnawati, H. 2015. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama.

Ristiyani, E. & Bahriah, E., S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta didik di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal penelitian dan pembelajaran IPA. 2(1), 18-29.

Sendur, G., Toprak, M., & Pekmez, E. 2010. Analyzing of students’ misconceptions about chemical equilibrium. Makalah disajikan pada International Conference on New Trends in Education and Their Implications, Antalya (Turkey).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suja, I W. 2015. Model mental mahasiswa calon guru kimia dalam memahami bahan kajian stereokimia. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(2), 625-638.

Suja, I W., Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015. Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia Tentang Korelasi Struktur Dan Sifat Senyawa Organik. Seminar Nasional Riset Inovatif III. Halaman 133 – 139.

Suja, I W. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Triplechem untuk Membangun Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia. Disertasi. (tidak diterbitkan). Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Suja, I W., Redhana, I W., and Sudria, I., B., N. 2019. Mental Model of Prospective Teachers on Structure and Properties Correlation of Organic Compounds. International Conference on Mathematics and Natural Sciences 2019 (IConMNS 2019). 1 – 10. doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012034

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015. Supporting students in learning with multiple representation to improve student mental models on atomic structure concepts. Science Education International. 26(2), 104-125.

Sutrisno, H. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Tasker, R., & Dalton, R. 2006. Research into practice: Visualisation of the molecular world using animations. Chemistry Education Research and Practice. 7(2), 141-159.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M., I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.

Utami, D., P. 2018. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kabupaten Bantul. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37401

Article Metrics

Abstract view : 1246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENDIDIKAN KIMIA UNDIKSHA IS PUBLISHED BY:

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: http://pendidikankimia.undiksha.ac.id/
Email: jurnalpendidikankimiaundiksha@gmail.com

 

Universitas Pendidikan Ganesha



 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.