MODUL KIMIA BERBASIS TRIPLECHEM UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL PESERTA DIDIK

Authors

  • I Gusti Ayu Karla Komala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha
  • A. A. I. A. Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37401

Keywords:

modul kimia, TripleChem, model mental

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap aspek makroskopis, submikroskopis, dan simbolik yang tidak utuh dalam pelajaran kimia membuat penulis mengembangkan modul kimia berbasis TripleChem yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental peserta didik.  Desain penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974), meliputi define, design, develop, disseminate.  Subjek penelitian ini adalah modul kimia berbasis TripleChem, sedangkan objek penelitiannya adalah validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul ditinjau dari model mental peserta didik. Validitas isi dan konstruk, bahasa, serta kegrafikaan berturut-turut tergolong sangat valid, valid, dan sangat valid. Kepraktisan berdasarkan hasil uji keterbacaan semua modul tergolong sangat praktis dan kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan modul dalam pembelajaran tergolong sangat praktis. Rerata skor N-gain model mental siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 0,73 dan 0,74, termasuk kategori tinggi. Persentase model mental ilmiah (model konseptual) di kelas XI MIPA 1 naik sebesar 59,71% dari 10,00% menjadi 69,71%, dan di kelas XI MIPA 5 naik sebesar 50,88% dari 6,16% menjadi 57,06%. Hasil tersebut menunjukkan modul kimia berbasis TripleChem sudah valid, praktis dan efektif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan mental perserta didik melalui modul yang dikembangkan.

References

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1 – 6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730.

Apriadi, N. N. S., Redhana, I. W., & Suardana, I. N. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Topik Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16617.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202.

Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202–208. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249.

Hamdi, Halim, A., & Pontas, K. (2015). Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA Sigli. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 22–34. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7676.

Iqbal, M., & Tarigan, I. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Menggunakan Media Animasi Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Hidrolisis Garam. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 31–38. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p031.

Kulagina, K., Leksashova, A., Bolsunovskayaa, M., & Shirokovaa, S. (2021). Development of a Human Flow Generation Module for Testing Machine Learning Algorithms. Transportation Research Procedia, 54, 783–792. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2021.02.134.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2017). Analisis Miskonsepsi Peserta didik SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpk.v1i1.3975.

Mujakir, & Rusydi. (2019). Pembelajaran Kimia Inovatif untuk Melatih Siswa Menjelaskan Masalah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 38 – 57. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4450.

Pandaleke, M., Munzil, & Sumari. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 387—394. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293.

Rahmawati, A. (2015). Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Multipel Level Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 5–17.

Ristiyani, E., & Bahriah, E., S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta didik di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431.

Suja, I. W., Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2017). Implementation Impact Of The Triplechem Learning Model On Personal And Social Attitudes Of Chemistry Prospective Teachers. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 269–275. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12556.

Syarifuddin, M. K., & Dwiningsih, K. (2020). The Validity Multimedia Interactive Bases Android On Ionic Bond Mterial. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 4(2), 63–70. https://doi.org/10.26740/jcer.v4n2.p63-70.

Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. (2017). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik Sma, Man, Dan Perguruan Tinggi Tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 30–40. https://doi.org/10.17977/um026v2i22017p030.

Downloads

Published

2021-08-13

Issue

Section

Articles