EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN USAHA BOGA DI SMK NEGERI 5 DENPASAR

Authors

  • N.W.Sugi Astika Dewi Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e
  • C.Istri Raka Marsiti rogram Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • L. Masdarini Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v10i1.22125

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan usaha boga di SMK Negeri 5 Denpasar (2) mengevaluasi program pelaksanaan pengelolaan usaha boga di SMK Negeri 5 Denpasar ditinjau dari segi konteks (Context), masukan (input), proses (process), hasil (product), keluaran (outcome). Jenis penelitian ini adalah penelitian Evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPPO. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kebutuhan peneliti berjumlah 85 orang siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan studi dokumen. Data dianalisis secara desriptif kualitatif. Untuk menentukan kualitas program, data terlebih dahulu dianalisis menggunakan skor standar atau Z-Score yang selanjutnya ditransformasikan ke dalam T-Score kemudian dikonversi ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pengelolaan usaha boga tersebut dilihat dari hasil wawancara diperoleh data bahwa pelaksanaan pengelolaan usaha boga masih mengalami beberapa kendala dalam hal persiapan bahan dan peralatan, pengolahan, pengemasan dan pemasaran produk sehingga setelah dianalisis menghasilkan pelaksanaan pengelolaan usaha boga sudah berlangsung cukup efektif, (2) Evaluasi program pelaksanaan pengelolaan usaha boga di SMK Negeri 5 Denpasar segi context berada pada kategori efektif, segi input berada pada kategori efektif, segi process berada pada kategori tidak efektif, segi product berada pada kategori tidak efektif, dan segi outcome berada pada kategori efektif.

Kata kunci : Evaluasi program, pengelolaan usaha boga, CIPPO, Glickman.

Abstract This research was aimed at 1) describing the implementation of culinary business management at SMK Negeri 5 Denpasar, 2) evaluating the implementation of culinary business management at SMK Negeri 5 Denpasar viewed from context, input, process, product, and outcome. This is an evaluative research with CIPPO evaluation model. 85 students were taken as the samples of the study by applying purposive sampling technique. The data were gathered by using interview, questionnaire and documents study. The data were analysed descriptive-qualitatively. In order to determine the quality of the program, the data were firstly analysed by using standard scores or Z-score which were then transformed into T-score and converted into Glickman quadran. The results of the study show that 1) based on the interview results, it is found out that there were still some obstacles/problems along the implementation of culinary business management on the preparation and utensils, processing, packaging, and marketing of the product. The result of the analysis shows that the culinary business management was effectively implemented, 2) the evaluation of the implementation of culinary business management at SMK Negeri 5 Denpasar in terms of context is in the effective category, in terms of input is in the effective category, in terms of process is in the ineffective category, in terms of product is in the ineffective category, in terms of outcome is in the effective category.

Keywords: Program evaluation, Catering business management, CIPPO, Glickman.

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles