Potensi Bendungan Pandan Duri Sebagai Destinasi Wisata Di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Muliana Muliana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Masdarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Risa Panti Ariani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i2.40777

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi Bendungan Pandan Duri sebagai destinasi wisata di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (1) lembar observasi dan (2) pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bendungan Pandan Duri memiliki berbagai potensi yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata antara lain potensi wisata alam seperti Pandan Duri Ijo, Keliling Pandan Duri, Bemade`an, Bertanam dan Petik Hasil pertanian, Sunset Solah Pandu, Green Pandu`s Gate dan potensi buatan seperti Pandu Kuliner, Pandan Duri Besepede, Galeri Pandu, Pasar Murah Sabtu Ance Minggu, Pandan Duri Mancing, Silaq Ngupi, dan Rebana Pandu. Hal ini merupakan keunggulan dan peluang Bendungan Pandan Duri untuk dijadikan sebagai destinasi wisata didukung dengan tersedianya berbagai fasilitas umum yang menunjang kegiatan wisata. Kekuatan (Strenght) Bendungan Panda Duri dapat menjadi media belajar, rekreasi, olahraga, promosi  didukung oleh lingkungan bendungan yang strategis sehingga berpotensi untuk terciptanya berbagai kegiatan wisata, kelemahan (weaknesses) yang dapat diidentifikasi adalah belum adanya perizinan untuk mengelola potensi lebih lanjut, aksesibilitas sarana dan prasarana, fasilitas masih kurang memadai, aspek kebersihan dan keamanan kurang, keterampilan SDM masih kurang untuk mendukung Bendungan Pandan Duri  menjadi destinasi wisata. Peluang (Opportunities) Bendungan Pandan Duri adalah sebagai salah satu destinasi baru yang berbasis alam, terbukanya lapangan pekerjaan, ancaman (Threat) seperti merusak fasilitas area bendungan, membuang sampah dan menebang pohon sembarangan di area sekitar Bendungan Pandan Duri.

Author Biographies

Muliana Muliana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Luh Masdarini, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Risa Panti Ariani, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

References

Nurhidayah., B. I. 2018. “Analisis Resiko Pembangunan Bendungan Pandan Duri Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat” (hlm.1). Diambil tanggal 15 Juni 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/325312951

BWS Nusa Tenggara I. 2020. Profil Bendungan Pandan Duri. Narmada: KPUPR. Tersedia pada https://sda.pu.go.id/balai/bwsnt1/post/264/profil-bendungan-pandanduri. Diakses tanggal 20 Juni 2021

Nuraina., E. & Wijaya., A., L. 2014. “Analisis Potensi Pariwisata Bendungan Gonggang Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Magetan” (hlm.1). Dari e-journal.unipma.ac.id. Diambil pada tanggal 5 Juni 2020

Gunawan., I. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori&Praktik. Cetakan ketiga. PT Bumi Aksara.

Lombok Timur dalam Data. 2020. Kabupaten Lombok Timur dalam Angka. Selong: Badan Pusat Statistik.

Kawung, E., J., R. 2019. “Pengembangan Objek Wisata Pantai Batu Pinagut dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Boroko Utara Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”. Jurnal Sosiologi, Volume 12, Nomor 4. Tersedia pada https://ejournal.unsrat.ac.id. Tanggal 5 Juni 2020.

Nugroho., A. 2019. “Strategi Pengembangan Desa Wisata Dewi Tinalah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kulonprogo Yogyakarta”. Tersedia pada http://repository.stipram.ac.id. (diakses tanggal 20 Mei 2021).

Uma., L., M., S. 2014. “Bendungan Pandan Duri Lombok-Bendungan Terbesar di NTB. Tersedia pada tulismenulis.com (diakses tanggal 21 Mei 2021)

Priharto., S. 2019. “Apa Itu Analisis SWOT? Berikut Pengertian, Metode Analisis dan Contohnya.” Tersedia pada cpssoft.com (diakses pada tanggal 20 Februari 2021)

Sandu., S & Sodik., M. A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, CV. Bandung

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles