Penerapan Model Role Playing Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Front Office Di SMK Negeri 1 Kubu
Keywords:
Role Playing, Audio Visual, Front Office, SMKN 1 KubuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran role playing dengan media audio visual untuk mata pelajaran front office dengan materi menangani reservasi individu di kelas XI PH SMK Negeri 1 Kubu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas 2 siklus yang langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI PH 1 SMK Negeri 1 Kubu yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deksriptif dengan melakukan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa terkait mata pelajaran front office untuk siswa kelas XI PH SMK Negeri 1 Kubu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan keterampilan siswa pada pretest yakni hanya sebesar 14,3%, kemudian mengalami peningkatan sebesar 28,6% sehingga pada siklus I hasil persentase ketuntasan siswa menjadi 42,9%. Selanjutnya, pada siklus II hasil persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 45,7% sehingga pada siklus ini hasil meningkat menjadi 88,6%.
References
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dewi, Tiara Anggia. 2017. “Efektivitas Model Role Playing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 5(1).
Dima, Cindy Citya. 2018. “Peningkatan Pemahaman Antar Budaya Mahasiswa Dalam Pembelajaran Front Office Melalui Metode Role Play Dan Tutor Teman Sebaya.” Seminar Nasional Struktural.
Guswiani, Wini, Deni Darmawan, Nizar Alam Hamdani, and Mega Achdisty Noordyana. 2018. “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office Di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2).
Hidayat, Lutfi Muhammad, Erliany Syaodih, and Rita Zahara. 2016. “Efektivitas Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 14(2).
Jasil, Mohamad. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran SKI Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MI Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 2(2):53–77.
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Lestari, Nila, and Ulfa Syaimi Khairina. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar PJOK Kelas 5 SDIT Alfarabi Tanjung Selamat.” Seminar Hasil Penelitian 2020 1–4.
Pratama, Ananta, Novia Cahyaningrum, Ayu Wulandari, and Siska Zunita. 2021. “Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur Di Era Pandemi Covid 19.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 2(5):717–30.
Purnaningsih, Pari, and Resti Isnaeni. 2020. “Pemanfaatan Media Audio visual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan.” Prosiditas Senantias 2020 1(1).
Rahman, Tri Malikul, Martono Trisno, Murtini Wiedy. 2015. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Internet Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MA Bany Khozin Jember Tahun Ajaran 2013/2014.” 1–13.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi). Bandung: CV. Alfabeta.
Syahrin, Alfi, and bin As Amru. 2020. “Pengaruh Pengunaan Audiovisual Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di SMA Negeri 3 Takengon.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(1).
Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Efektivitas penggunaan media audiovisual pada pembelajaran energi dalam sistem kehidupan pada siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.