Pengembangan Hiasan Busana Pesta Anak Dengan Recycle Kain Perca

Authors

  • renianggraini renianggraini Anggota
  • Ni Ketut Widiartini
  • Putu Agus Mayuni

Keywords:

pengembangan, busana pesta, recycle, kain perca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengembangan hiasan busana pesta anak dengan bahan recycle kain perca. Jenis peneIitian yanggdigunakan merupakanmpenelitian pengembangan, Research anddDevelopment (R.&.D) dengan model ,pengembangan PPE. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode kuesioner kemudian datamdianalisis0 dengan metode kuaIitatif dan kuantitatIf.mHasil peneIitianoyang diperoleh yaitu: tahap perencanaan (planning) dan analisis data ialah perencanaan produk meliputi membuat moad board, membuat desain sketsa, menganalisis desain, memilih model peraga dan pengambilan ukuran, menggambar pola hiasan busana pesta anak, memilih bahan dan alat. Tahapan produksi (production) meliputi proses menggambar pola hiasan pada pola, peletekan pola pada bahan, penjiplakan hiasan pada kain, membentuk pola hiasan pada kain, menempel kain kapas pada hiasan, pemotongan dan pembentukan hiasan, membuat tali, memasang hiasan pada bahan busana, memotong bahan busana, penjahitan dan hasil jadi pengembangan hiasan busana pesta anak dengan recycle kain perca. TahapangevaIuasi (evaluation) denganokuaIiitas hasil produkibusana pesta dengankdenganhujimproduk melalui penilaian oleh dua orang ahli busana. Berdasarkan hasil uji produkopengembangan hiasancbusana pesta anak dengan recycle kain perca darivahli busana I mendapatkan 89%, dan dari ahlixbusanaxII mendapatkanz86% berdasarkanzperhitungan rata-rata diperoleh hasiI 87%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan hiasan busana pesta anak dengan recycle kain perca memiliki nilai baik sehingga layak untuk digunakan.

References

Andarini, A., & Maeliah mally. (2013). Penerapan Hasil belajar Desain Hiasan Busana Pada Pembuata Hiasan Lekapan Adibusana. 5–24.

Anggraeni, C. (2015). Kontribusi Hasil Belajar Busana Pesta Terhadap Kesiapan Uji Kompetensi Pembuatan Busana Pesta Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Apriiiasari, I., Widiartini, N. K., & Angndari, M, D. (2022). Penerapan Teknik Painting dan Teknik Sulam Pada Motif. Jurnal Bosaparis Undiksha, 13, 37–44.

Apriliasari, I., Widiartini, Ni, K., & Angendari, Made, D. (2018). Penerapan Smock Dengan Kombinasi Teknik Korsase dan Manik Mutiara pada Lenan Rumah Tangga. Jurnal Bosaparis Undiksha, 8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpkk.v8i2.15345

Bahri, D.S. (2019). Pengaruh Panjang Layer Petticoat Terhadap Kualitas Produk Ball Gown Anak. 08, 1–19.

Ernawati, Izwerni, & Nelmira, W. (2008). Tata Busana untuk SMK (Winarti (ed.); 1 ed.). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kotler Philip dan Keller Lane. (2007). Manajemen Pemasaran (Terj. Benjamin (ed.); Jilid II). Prenhalindo.

Smith, M.B. (2019). Pelatihan Merangkai Bunga pada Ban Bekas dan Kreasi Perca bagi Pengurus PKK Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo.

Soekarno, & Basuki, L. (2004). PANDUAN MEMBUAT Desain Ilustrasi Busana Tingkat Dasar, Terampil dan mahir (Tajudin (ed.); 1 ed.). jakarta: PT Kawan Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. cv Alfabeta.

Sukamto, D. (2003). membuat busana anak. kawan pustaka.

Susilo, R., & Karya, A. (2019). Pemanfaatan limbah kain perca untuk pembuatan furnitur. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, 3(1), 1–6.

Widiartini, N. K. (2017). Uji validitas instrumen pengukuran kualitas modifikasi motif dan bahan pada kain tenun mastuli. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 530–535.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles