Pengembangan Busana Pesta dengan Sumber Ide Tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon

Authors

  • Putu Juli Indah Purnami Purnami collage student
  • I Gede Sudirtha Sudirtha
  • Made Diah Angendari Angendari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i1.58835

Keywords:

Busana Pesta, Sumber Ide, PPE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembuatan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon; (2) hasil pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development), dengan  menggunakan model  penelitian  pengembangan  PPE  (Planning,  Production, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli produk. Metode pengumpulan data berupa kuisioner. Data dianalisis dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon melalui tiga tahap, yaitu (a) tahap planning (perencanaan) merupakan tahap pertama dalam menentukan sumber ide yang akan menjadi acuan dalam pembuatan desain busana, (b) tahap production (produksi) merupakan tahap kedua dalam proses pembuatan produk berupa busana pesta, dan (c) tahap evaluation (evaluasi) merupakan tahap terakhir untuk melakukan uji produk; (2) hasil pengembangan busana pesta dengan sumber ide tradisi Aci Tabuh Rah Pengangon meliputi kesesuaian desain busana pesta yang dikembangkan dan bentuk busana pesta. Hasil  yang diperoleh dari uji ahli produk dengan tingkat pencapaian 93,75%, maka hasil pengembangan produk dapat dikatakan sangat baik.

References

A.Riyanto, A. (2009). Modul Dasar Busana Program Studi Pendidikan Tata Busana. Yayasan Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia.

Agustini. (2018). Pengembangan Busana Pesta Malam dengan Sumber Ide dari Mitologi Kerajaan Yunani. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(3).

Antara. (2019). Perang Ketupat, Tradisi Warga Desa Kapal Bali untuk Memohon Kemakmuran. JPNN.Com. https://www.jpnn.com/news/perang-ketupat-tradisi-warga-desa-kapal-bali-untuk-memohon-kemakmuran?page=2

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Artatik, I. G. A. K. (2019). Mesalaran (Metimpugan) di Desa Adat Padang Luwih Tradisi Agraris di Tengah Arus Alih Fungsi Lahan Pertanian (I. G. A. Y. Bhaskara (ed.)). UNHI PRESS.

Hana. (2020). Avant Garde. https://elmodista.com/2020/02/10/avant-garde/

Haryawati, I. L. A. (2019). Pembuatan Busana Fantasi dengan Sumber Ide Dramatari Calonarang. Jurnal Bosaparis :Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 10(3).

Sudirtha, I. G. N. W. R. A. dan I. dewa A. M. B. (2021). Fantasy Clothing Development With El Nino Phenomenon As The Source Of Idea. Psychology and Education.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Supriadi, M. L. Z. (2019). Perang Tpat Bantal Desa Adat Kapal (Aci Rah Penganggon). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2).

Tegeh, I Made, D. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. The Messenger, III(1).

Widarwati, S. (1993). Disain Busana I. IKIP Yogjakarta.

Widjiningsih. (2006). kontruksi Pola Busana. IKIP Yogjakarta.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles