PEMBUATAN GAUN KEBAYA PESTA MODEL LAYER TAIL MENGGUNAKAN KOMBINASI KAIN TENUN DONGGALA

Authors

  • Syarifah Suryana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i2.65341

Keywords:

Party Kebaya, Tail Layer, Donggala Woven Fabric

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian rekayasa yang bertujuan untuk mengetahui 1) Desain gaun kebaya pesta model layer tail menggunakan kombinasi kain tenun Donggala, 2) Proses pembuatan gaun kebaya pesta model layer tail menggunakan kombinasi kain tenun Donggala, 3) Penilaian panelis terhadap gaun kebaya pesta model layer tail menggunakan kombinasi kain tenun Donggala. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD), observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan di LKP Suryana Busana, Palu Sulawesi Tengah, jumlah panelis terdiri dari 5 orang Guru Tata Busana, 10 orang Siswa Tata Busana dan 5 orang masyarakat umum. Hasil penelitian menunjukkan 1) Produk yang dihasilkan terdiri dari dua bagian (two pieces) gaun kebaya pesta bersiluet A kombinasi kain tenun Donggala dan hiasan layer tail dari bagian pinggang hingga ke bawah menggunakan kain organza. Gaun kebaya pesta ini menggunakan kerah sanghai bulat yang ditempel kain brokat, lengan lonceng bagian kanan yang ditempel kain brokat, lengan suai (licin) di bagian kiri, bahan utama yang digunakan kain tenun Donggala, kain brokat berwarna silver dan kain organza. Warna keseluruhan yaitu biru dan silver. 2) Proses pembuatan gaun kebaya pesta pada penelitian ini yaitu mendesain, membuat pola, menggunting kain, menjahit menggunakan mesin, hingga finishing. 3) Berdasarkan hasil uji skala likert dari 16 item pertanyaan menunjukkan persentase pada angka 91,49% dinyatakan dalam kriteria interprestasi sangat baik.

References

DAFTAR RUJUKAN

Gerta, R. (2020, November). Analisis Kain Tenun Donggala di Kota Palu. Jurnal HomeEc, 15(2), 19-24.

Jannah, H. (2009). Pembuatan Kebaya Modifikasi untuk Pesta Remaja dengan Aksentuasi Lipit. Semarang: Tugas Akhir Universitas Negeri Semarang.

Netty, J. (2013). Kajian Bentuk Kain Donggala. Jurnal Seni Rupa FBS Unimed, 10(01).

Pratiwi, D. (2001). Pola dan Pecah Pola Busana. Yogyakarta: Kanisius.

Rianto, A. A. (2003). Desain Busana. Bandung: Yapendo.

Saputra, H. (2019). Seni dan Budaya Tenun Ikat Nusantara. Lampung: IAI Agus Salim Metro.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi. (n.d.). Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Industrialisasi Tenunan Khas Bima ‘Tembe Nggoli'di Provinsi NTB. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(2), 226-235.

Yusuf, A. (2018). Kreasi Teknik Fabric Slashing pada Busana Ready to Wear.

Zeintatieni. (n.d.). Sarung Tenun Ikat Donggala Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2009 Sd 2013. Surabaya: Doctoral dissertation, State University of Surabaya.

Downloads

Published

2023-08-02