Identifikasi Kain Tenun Loloan Di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembana, Bali

Authors

  • Yulianti Enjang Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Mayuni
  • I Dewa Ayu Made Budhyani

Keywords:

kain tenun loloan, motif, komposisi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Jenis motif pada kain tenun Loloan di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali (2) Komposisi motif yang dihasilkan pada kain Tenun Loloan di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Jenis motif yang disajikan diimplementasikan pada kain tenun loloan terdiri dari : (a) Motif Tumbuh-tumbuhan yang meliputi: motif pot-potan, motif pucuk rebung, motif bunga rumput, motif delima manis, motif bunga kangkung, (b) Motif Geometris meliputi: motif wajik, motif wajik liris, motif bintang kurung, motif irisan dodol, motif keplok-keplok, (c) Motif Kombinasi meliputi: motif bintang kurung kombinasi delima manis, motif delima manis kombinasi keplok-keplok, motif wajik liris kombinasi pot-potan. (2) Komposisi motif yang dihasilkan pada kain tenun loloan meliputi kedalam (a) komposisi simetris dan pola serak seperti: (motif pot-potan, motif bunga rumput, motif delima manis, motif wajik, motif wajik liris, motif bintang kurung, motif irisan dodol, motif keplok-keplok), (b) komposisi pola pinggiran seperti: (motif pucuk rebung), (c) komposisi sentral seperti: (motif bunga kangkung, motif bintang kurung kombinasi delima manis, motif delima manis kombinasi keplok-keplok, motif wajik liris kombinasi pot-potan.

References

I Dewa Ayu Made Budhyani, dkk. (2016). Ragam Hias Tenun Endek Di Pertenunan Artha Dharma, Sinabun Buleleng. Eprpceeding.Undiksha, 2541-3058:321-28.

Jannah, M. (2018). Aneka Motif Tenun Dari Benang Angel. PT. Era Intermedia.

Jimmy. (2021). 3 Generasi Meneruskan Warisan Leluhur Tenun Endek Loloan. beritajembrana.com.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022). Departemen Pedidikan Nasional. Balai Pustaka.

Luh Candra Dewi. (2021). Tenun Songket Negara (Songket Tanpa Sambungan) Dari Kelompok Tenun Putri Mas di Kecamatan Jembrana. EJournal Bosaparis Undiksha, vol 12, (halm 24–31).

Marcute. (2018). Daerah Penghasil Kain Tenun Terbaik di Indonesia. GriyaTenun.com

Neni Pebriyana. (2018). Ragam Hias Kain Tenun Songket Tradisional Di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol 9, No 1, (halm 43-47).

Ni Wayan Widya Sami. (2017). Tenun Songket Ngalam Pada Industri Tenun Pelangi Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,vol 8, No 2, (hlm 52-71).

Nuratul Amalia. (2021). Perkembangan Motif Kain Tenun Bima Di Desa Ntonggu, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol 12, (halm 97–106).

Penulis Pintar. (2021). Berkenalan Dengan Motif Ragam Hias. senibudayaku.com.

Purnomo, Eko, dkk. (2017). Seni Budaya Smp/Mts Kelas VIII. Kurikulum Dan Pembukuaan, Balitbang, Kemendikbud.

Putra, I Kadek Adiana, D. (2022). Analisis Etnomatematika Pada Kain Tenun Bali. Jurnal Matematika Dan Sains, XI, No 1, (halm 90).

Sabara, E. (2020). Tradisi Kain Tenun Khas Loloan Yang Bertahan Dari Zaman Ke balisharing.com.

Downloads

Published

2023-11-30