AnalisisPotensi Bahari Pantai Sedahan Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Jepitu Kabupaten Gunung Kidul

Authors

  • bunga nirmala sari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppkk.v14i3.66200

Keywords:

Potensi, Pantai Sedahan, Daya Tarik Wisata, Analisis SWOT, Gunung Kidul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahari Pantai Sedahan sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengumpulkan data primer melalui pengamatan langsung, wawancara dengan pihak pengelola, masyarakat setempat, dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sedahan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pantai Sedahan memiliki potensi sebagai objek wisata karena keindahan alam Pantai Sedahan yang eksotis, keunikan warisan budaya, berbagai kuliner  dan berbagai aktivitas wisata. Analisis SWOT menyatakan bahwa strength (kekuatan) Pantai Sedahan adalah keindahan alam dan warisan budaya akan tradisi ngalangi, sedangkan weakness (kelemahan) yang terdapat yaitu belum optimalnya aksesibilitas dan terbatasnya aktivitas wisatawan karena terdapatnya palung. Opportunities (peluang), Pantai Sedahan antara lain membuat program-program guna menarik wisatawan seperti merencanakan program konservasi penyu yang dapat dimanfaatkan menjadi wisata edukasi, sedangkan threats (ancaman)  pada Pantai Sedahan yaitu kerusakan ekosistem alam. Hasil dari penelitian merekomendasikan beberapa upaya untuk meningkatkan potensi wisata Pantai Sedahan, seperti memperbaiki infrastruktur jalan menuju pantai, mempromosikan warisan budaya tradisi ngalangi, dan menerapkan praktik pariwisata berkelanjutan. Keigiatan wisata dengan ekonomi masyarakat saling beirkeisinambuingan. Dari adanya ketertarikan mengenai wisata bahari Pantai Sedahan seibagai daya tarik wisata ini maka peluang untuk membuka usaha baik dalam produk maupun jasa pariwisata tersebut akan semakin tinggi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pihak-pihak terkait, terutama pemerintah dan pengelola wisata di Kabupaten Gunung Kidul, untuk dapat mengembangkan potensi wisata bahari Pantai Sedahan guna sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Jepitu.

 

Author Biography

bunga nirmala sari, Universitas Pendidikan Ganesha

bunga, aquarius gurl

References

Aribowo, P. (2018). Potensi Dan Peluang Investasi Sektor Pariwisata.

Ashartono, R., & Rahmanita, M. & Lemy, D. M. (2018). The Effect of Destination Management and Community Participation to The Visitors Consumption at Tebing Breksi Sleman Yogyakarta. Tourism Research Journal, 2(1).

Bagaihing, M., Mantolas, C. M., & Nugraha, Y. E. N. (2022). Staregi Pengembangan Pantai Nimtuka Sebagai Potensi Wisata Berbasis Masyarakat di Desa Bone Kabupaten Kupang. Jurnal Tourism, 5(2), 95–104.

BPS Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul. (2022).

Brown & Stange. (2015). Tourism Destination Management. Washington University..

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (2020).

Junaid, I. (2018). Pariwisata Bahari. Politeknik Pariwisata Makassar.

Nurzannah, Hasibuan, Ulina, Ramjia, & Siagian. (2021). Serangga Sebagai Bahan Makanan dalam Menjaga Ketahanan Pangan. Seminar Nasional Dan Kongres PEI.

Priatna, M. I. V, & Ilhami, R. (2022). Perencanaan Fasilitas Sektor Pariwisata di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran (Studi Kasus Desa Cintaratu dan Selasari). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6132–6139.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sudarsono, H., & Susantun, I. (2019). Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Agriekonomika, 8(1), 81. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i1.5011

Sugiama, A. (2014). Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Aset Pariwisata. Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV Alfabeta.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Gava Media.

Susilo, R. K. D., & Dharmawan, A. S. (2021). Paradigma Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia dalam Perspektif Sosiologi Lingkungan. Jurnal Indonesia Maju.

Downloads

Published

2023-11-30