STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN AGROWISATA LINGGAYONI

Authors

  • Putu Wika Kristianti Universitas pendidikan ganesha
  • Ni Made Suriani
  • Made Riki Ponga Kusyanda

Keywords:

agrowisata linggayoni, strategi pemasaran, analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Agrowisata Linggayoni yang mengalami penurunan dikarenakan dampak covid-19 dan kurang maksimalnya penerapan unsur-unsur pemasaran dalam strategi pemasaran yang dilakukan sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, And Threats) dengan matriks IFAS dan EFAS.  Hasil penelitian pada matriks IFAS diperoleh skor 2,73, sedangkan untuk hasil matriks EFAS dengan skor 2,42. Hasil IFAS dan EFAS tersebut kemudian digunakan untuk menentukan posisi strategi yang akan direkomendasikan. Berdasarkan hasil analisis penentuan posisi strategi, strategi utama untuk Agrowisata Linggayoni ada pada kuadran I (Strategi SO). Adapun strategi yang direkomendasikan untuk Agrowisata Linggayoni yaitu, memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin berbasisi digital marketing, selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dimiliki, pemanfaatan lokasi yang cukup strategis, dan melengkapi fasilitas yang kurang.

Author Biography

Putu Wika Kristianti, Universitas pendidikan ganesha

Mahasiswa prodi pendidikan kesejahteraan keluarga

References

Agustinawati, A., & Puspasari, C. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Ahmadi, A. (2017). Pengantar Agrowisata I: Pembelajaran dari Berbagai Sudut Pandang

A. J. Muljadi, 2009. Kepariwisataan Dan Perjalanan. Jakarta. Penerbit: Pt Raja Grafindo Persada

Gunggu, A. R., Astawa, D. N. W., & Kandia, I. W. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Pasola Masyarakat Kodi Sumba Barat Daya (NTT).

Hapsari, A., & Mutawali, M. (2019). Analisis SWOT Sebagai Perencanaan Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Kabasiran, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 15-25

Hikmah, H., & Nurdin, N. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kota Makasar. Competitivenes 7.2 : 203-2011

Kusyanda, M. R. P., & Masdarini, P. R. 2021. Kajian Strategi Pengelolaan Daya Tarik Wisata Kuliner: Tinjauan Pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Pantai Penimbangan: Journal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 4.2. 90-99

Nourlette, R. R., & Hati, S. W. (2017). Penentuan strategi dengan pendekatan analisis SWOT pada hotel nongsa point marina & resort dalam menghadapi persaingan bisnis. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 82-102.

Polii, C. S., Moniharapon, S., Ch Lintong Jurnal EMBA, D. A., Sandy Polii, C., Moniharapon, S., ChA Lintong, D., & Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2022). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Penelitian Café Kelelondey Di Langowan Kabupaten Minahasa) Swot Analysis in Determinieng Marketing Strategies in Micro, Small, Medium Enterprises (Research Study At K. 10(4), 118–127.

Prabawa, P. S., & Sumbertiasih, N. M. (2022). Pengembangan Agrowisata Pertanian Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Saraswati Jurnal Kelitbangan Kabupaten Buleleng, 1(2), 18-34.

Punarbawa, M. A., Nuridja, I.M., & Kadek Rai Suwena. 2016. Keterserapan Tenaga Kerjapada Industry Pariwisata Di Kabupaten Buleleng Tahun 2011-2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 6.1.

Rai Utama, I Gusti Bagus. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarya: Andi. (E-Book Diakses pada tanggal 30 Januari 2023)

Yakup, A. P. 2019. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan

Downloads

Published

2024-07-19