TATA RIAS WAJAH SEHARI-HARI MAHASISWI FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN DALAM KEGIATAN PERKULIAHAN

Authors

  • Kurnia Dwi Prayani .
  • I Gede Sudirtha, S.Pd, M.Pd .
  • Made Diah Angendari, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v6i3.8963

Abstract

Abstrak Penelitiaan ini bertujuaan untuk mengetahui (1) pengetahuan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan dan (2) Keterampilan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan. Variabel penelitian ini adalah tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan. Sempel penelitiaan berjumlah 48 responden dengan teknik sampel Accidental Sampling dengan proporsi sampel 25%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket (kuesioner) dan metode observasi. Analisis data dalam penelitiaan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengetahuan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan pada kategori baik berjumlah 36 responden (75%), pada kategori cukup berjumlah 12 responden (25%) dan pada kategori kurang berjumlah 0 responden (0%) dengan perolehan skor tertinggi responden 59 dari skor maksimal 60 dan skor terendah responden 43 dari skor minimal 20. Pengetahuan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan (2) keterampilan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan pada kategori baik berjumlah 4 responden (13,20%), pada kategori cukup berjumlah 15 responden (38,29%), dan pada kategori kurang berjumlah 29 responden (48,51%) dengan perolehan skor tertinggi responden 33 dari skor maksimal 36 dan skor terendah yang responden 13 dari skor minimal 12. Keterampilan tata rias wajah sehari-hari mahasiswi Fakultas Teknik dan Kejuruan dalam kegiatan perkuliahan termasuk dalam kategori kurang.
Kata Kunci : pengetahuaan, keterampilan, rias sehari-hari

This research was aimed to know (1) the knowledge of students’ daily make up in faculty of engineering and vocational during learning and (2) students’ skill in daily make up in faculty of engineering and vocational. Variable of this research was students’ daily make up during learning. The sample of this research were 48 participants and sampling technique used in this research was Accidental Sampling with sampling balance 25%. Questionnaire method was used as a research method and observation method used was descriptive quantitative analysis. The result of this research showed that (1) students’ knowledge in daily make up at faculty of engineering and vocational was 36 (75%) and it was categorized as a good knowledge; for common knowledge the result was 12 (25%), and for poor knowledge the result was 0 (0%) based on the highest responds 59 from highest score 60 and the lowest responds 43 from the lowest score 20. Based on the result, students’ knowledge in daily make up at faculty of engineering and vocational was categorized as a good knowledge. Whereas, (2) the result of students’ skill in daily make up for good skill got 4 responds (13,20%), common skill got 15 responds (38,29%), and for poor skill got 29 responds (48,51%) with the result of highest responds 33 from highest score 36 and lowest responds 13 from the lowest score 12. it can be concluded that students’ skill in daily make up at faculty of engineering and vocational categorized as poor skill.
keyword : knowledge, skill, daily make up

Published

2016-11-22

Issue

Section

Articles