PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL PUSUNG TAGEL DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Yuli Harniati .
  • Dra. I Dewa Ayu Made Budhyani,M.Pd .
  • I Gede Sudirtha, S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v6i3.8989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar, (2) meningkatkan aktivitas siswa (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode demonstrasi berbantuan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016, sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data afektif adalah lembar observasi, data psikomotor dikumpulkan menggunakan lembar observasi unjuk kerja sedangkan data kognitif dikumpulkan menggunakan tes. Data aktivitas dekumpulkan menggunakan lembar observasi dan data respon dikumpulkan menggunakan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ketuntasan klasikal pada hasil belajar siklus I 70,37% berada pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar 92,59% berada pada kategori sangat tinggi. (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I 76,04 dengan kategori cukup aktif. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II 85,07 dengan kategori aktif. (3) Respon siswa berada pada kategori sangat positif dengan rata-rata respon siswa mencapai 85,63.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Media Video, Metode Demonstrasi, Respon.

This study aims to (1) improve learning outcomes, (2) increase the activity of students (3) determine students' response to the application of media-aided method demonstration video. The subjects were students of class XI Hairstyling SMK Negeri 2 Singaraja in the academic year 2015/2016, a total of 18 students. Data collection technique used tests, observation sheets and questionnaires. The instrument used to collect data is the observation sheet affective, psychomotor data is collected using observation sheet performance while the cognitive data were collected using the test. Dekumpulkan activity data using observation sheets and response data were collected using a questionnaire. Data were analyzed using descriptive quantitative analysis techniques. These results indicate that (1) classical completeness on the results of the first cycle of learning 70.37% in the medium category. In the second cycle increased classical completeness 92.59% of learning outcomes that are in very high category. (2) the activity of students in the first cycle of 76.04 with active enough category. An increase in activity of students in the second cycle 85.07 with the active category. (3) The response of the students were in the category of very positive with an average response of students reaching 85.63.
keyword : Activities, Results Learning, Media Video, Methods Demonstration, Response.

Published

2016-12-07

Issue

Section

Articles