PENGARUH METODE PELATIHAN SMASH BERPASANGAN DAN SMASH INDIVIDU TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMKN 1 SUKASADA TAHUN 2019

Authors

  • Wayan Santika Lesdaya .
  • Syarif Hidayat, S.Pd, M.Pd. .
  • I Kadek Happy Kardiawan, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpko.v11i1.19059

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pelatihan smash berpasangan terhadap kemampuan smash pada olahraga bola voli, (2) pengaruh metode pelatihan smash individu terhadap kemampuan smash pada olahraga bola voli. Dan (3) perbedaan pengaruh metode pelatihan smash berpasangan dan smash individu terhadap kemampuan smash pada siswa ekstrakurikuler bola voli SMKN 1 Sukasada tahun 2019 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan the modified pre-test post-test group design. Analisis data menggunakan statistic uji-t pada taraf signifikasi (α) 0,05. Hasil analisis data (1) pelatihan smash berpasangan berpengaruh terhadap kemampuan smash pada olahraga bola voli, dengan hasil thitung = 14,379> ttabel = 1,7613.(02) pelatihan smash individu berpengaruh terhadap kemampuan smash pada olahraga bola voli dengan hasil thitung= 15,120> ttabel = 1,7613, dan (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan metode pelatihan smash berpasangan dan smash individu terhadap kemampuan smash pada siswa ekstrakurikuler bola voli SMKN 1 sukasada tahun 2019.
Kata Kunci : pelatihan smash berpasangan, pelatihan smash individu, bola voli.

Abstract This study aimed to determine (1) the effect of paired smash training method on smash skills in volleyball sports, (2) the effect of individual smash training method on smash skills in volleyball sports, and (3) the differences between the effect of paired smash training methods and individual smash method on students’ smash skill in volleyball extracurricular at SMK Negeri 1 Sukasada in 2019 which amounted 30 people. This study used a quasi-experimental method with the modified pre-test and post-test group design. Data analysis used t-test statistics at a significance level (α) of 0.05. The result of data analysis (1) paired smash training affect the smash skill in volleyball sport, with the result of t count = 14,379> t table = 1.7613. (02) individual smash training affect the smash skill in volleyball sport,with the results of t count = 15,120> t table = 1.7613, and (3) there is no significant difference in the effect of paired smash training method and individual smash method on the students’ smash skill on volleyball extracurricular at SMK 1 sukasada in 2019.
keyword : paired smash training, individual smash training, volleyball.

Published

2019-07-28

How to Cite

., W. S. L., ., S. H. S. M., & ., I. K. H. K. S. M. (2019). PENGARUH METODE PELATIHAN SMASH BERPASANGAN DAN SMASH INDIVIDU TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMKN 1 SUKASADA TAHUN 2019 . Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpko.v11i1.19059

Issue

Section

Articles