HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DAN KEKUATAN MENGGENGGAM TERHADAP PUKULAN FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA ATLET SADAR TENIS CLUB

Ni Putu Wulan Krisna Dewi, Made Agus Dharmadi, Luh Putu Tuti Ariani

Abstract


Abstrak

Pukulan forehand sangat dipengaruhi komponen fisik, diantaranya power otot lengan, kekuatan menggenggam dan kekuatan otot lengan. Penelitiansini bertujuan untuk mengetahui hubungan power otot lengan terhadap pukulan forehand dalam permainan tenis lapangan pada atlet Sadar Tenis Club, hubungan kekuatan menggenggam dengan pukulan forehand permainan tenis lapangan pada atlet Sadar Tenis Club, dan hubungan power otot lengan dan kekuatan menggenggam terhadap pukulan forehand dalam permainan tenis lapangan pada atlet Sadar Tenis Club. Subjek penelitian berjumlah 15 orang atlet Sadar Tenis Club yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling yang berjumlah dengan populasi 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik dengan analisis kolerasi regresi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan pada variabel power otot lengan (X1) terhadap pukulan forehand (Y) dengan peroleh hasil yaitu 0,741 artinya bahwa hubungan antara power otot lengan dengan pukulan forehand termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil perhitungan pada variabel kekuatan menggenggam (X2) terhadap pukulan forehand (Y) dengan perolehan hasil 0,947 yang artinya bahwa hubungan antara kekuatan menggenggam dengan pukulan forehand termasuk dalam kategori sangat kuat. Hasil perhitungan pada variabel power otot lengan (X1) dan kekuatan menggenggam (X2) terhadap pukulan forehand (Y) dengan perolehan hasil 0,953 artinya bahwa hubungan power otot lengan dan kekuatan menggenggam  dengan pukulan forehand termasuk dalam kategori sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara power otot lengan dan kekuatan menggenggam terhadap pukulan forehand pada atlet Sadar Tenis Club.


Keywords


Power otot lengan; menggenggam; pukulan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpko.v12i2.40694

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF file view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Kepelatihan Olahraga Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kepelatihan Olahraga Undiksha indexed by:

 Crossref