Kontribusi Power Otot Lengan Dan Fleksibilitas Pergelangan Tangan Terhadap Shooting Bola Basket Di Gladiator Premier Basketball Academy

Authors

  • Miftahul Huda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Tuti Ariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Eka Budi Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpko.v13i2.53789

Keywords:

Power otot lengan; Fleksibilitas pergelangan tangan; Shooting bola basket

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi power otot lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan terhadap shooting bola basket di Gladiator Premier Basketball Academy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey langsung ke lapangan. Populasi yang digunakan yakni berjumlah 20 orang laki-laki dengan rentang umur 14-16 tahun pada club Gladiator Premier Basketball Academy. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan tes kekuatan power otot lengan menggunakan ball medicine, tes fleksibilitas pergelangan tangan menggunakan goniometer dan tes shooting sisi kanan dan kiri. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi power otot lengan terhadap shooting bola basket di Gladiator Premier Basketball Academy dengan hasil  sumbangan efektif (SE) sebesar 28,97%, sedangkan untuk sumbangan relative (SR) sebesar 45,70% dan terdapat kontribusi fleksibilitas pergelangan tangan terhadap shooting bola basket di Gladiator Premier Basketball Academy dengan hasil sumbangan efektif (SE) sebesar 34,50%, sedangkan untuk sumbangan relative (SR) sebesar 54,30%. Terdapat kontribusi yang lebih dominan yakni fleksibilitas pergelangan tangan dibandingkan dengan kontribusi power otot lengan terhadap shooting bola basket di Gladiator Premier Basketball Academy. Bagi pelatih khususnya bola basket yang akan melatih atletnya maka perlu diperhatikan komopenen-komponen fisik dan teknik yang sangat berpengaruh dalam proses shooting atlet, karena shooting merupakan kunci dari perolehan poin dalam pertandingan maka dalam memaksimalkan tembakan tersebutharus dilatih power otot lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan atlet.

Downloads

Published

2022-11-07 — Updated on 2022-11-09

Versions

How to Cite

Huda, M., Tuti Ariani , L. P. ., & Budi Darmawan , G. E. . (2022). Kontribusi Power Otot Lengan Dan Fleksibilitas Pergelangan Tangan Terhadap Shooting Bola Basket Di Gladiator Premier Basketball Academy. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 13(2), 60–68. https://doi.org/10.23887/jjpko.v13i2.53789 (Original work published November 7, 2022)

Issue

Section

Articles