Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bolavoli Pada Peserta Didik Kelas VII Smp N 3 Sawan
Abstract
Saat proses pembelajaran, posisi Guru di kelas lebih menonjol saat mengajarkan keterampilan pasing bawah dan atas kepada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawan pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dengan penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) dirasakan penting untuk menggunkan model ini untuk mengajarkan metode passing bola voli kepada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2022–2023. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sangatlah penting. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi hasil, serta refleksi sedangkan metode yang dipergunakan adalah metode kualitatif dimana peneliti yang berinteraksi dengan objek kemudian mengemukakan apa yang ditemukan dalam. Analisis menggunakan metode persentase dan deskriptif analitik. Proses penelitian terdiri dari siklus pembelajaran yang terhubung. Berdasarkan analisis siklus I di sesi I didapatkan rata-rata ketuntasan belajar (KB) sebesar 86% dengan penguasaan teknik dasar passing bawah bolavoli sesuai dengan tuntutan kurikulum yaitu sebasar 75% secara klasikal, sedangkan siklus II didapatkan rata-rata ketuntasan belajar (KB) sebesar 100%. Disamping itu terjadinya hasil belajar yang lebih baik bagi siswa tidak terlepas dari perbaikan-perbaikan pada setiap siklus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gede Dejan Galang Mahardhika, Wahjoedi, I Ketut Semarayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)