PENGARUH PELATIHAN PASSING ATAS DENGAN BOLA RENDAH DAN PASSING ATAS DENGAN MELONCAT TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA SMPNEGERI 2 SINGARAJA TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpko.v5i2.8022Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pelatihan passing atas dengan bola rendah terhadap keterampilan passing atas bola voli, (2) pengaruh pelatihan passing atas dengan bola rendah terhadap keterampilan passing atas bola voli, dan (3) perbedaan pengaruh antara pelatihan passing atas dengan bola rendah dengan passing atas dengan meloncat terhadap keterampilan passing atas bola voli SMP Negeri 2 SIngaraja. Sampel penelitian adalah pada siswa peserta ekstrakurikuler Bola voli putra SMP Negeri 2 Singaraja tahun 2016 yang berjumlah 30 orang. Subyek penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan the modified pre-test post-test group design. Analisis data menggunakan penghitungan statistik uji-t pada taraf signifikansi (α) 0,05. Hasil analisis data (1) pelatihan passing atas dengan bola rendah berpengaruh terhadap keterampilan passing bola voli, dengan hasil thitung = 12.789 > ttabel = 2,145, (2) pelatihan passing atas dengan meloncat berpengaruh terhadap keterampilan passing bola voli, dengan hasil thitung = 10.752 > ttabel = 2,145, dan (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pelatihan passing atas dengan bola rendah dan passing atas dengan meloncat terhadap keterampilan passing atas bola voli thitung = 0,632 < ttabel = 2,145. Disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh pelatihan passing atas dengan bola rendah terhadap keterampilan passing bola voli sebesar 9,00%, (2) terdapat pengaruh pelatihan passing atas dengan meloncat terhadap keterampilan passing bola voli sebesar 11,33%, dan (3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pelatihan passing atas dengan bola rendah dan passing atas dengan meloncat terhadap keterampilan passing bola voli.Kata Kunci : Keterampilan passing atas bola voli, pelatihan passing atas bola rendah,
The aim of this study to find out 1. the effect of coachimg passing up with low ball to the passing skills on voleyball. 2. The effect of coachimg passing up by leaping to the passing skills on voleyball. 3. The differences between the effect of coaching passing up with low ball and the effect of coaching passing up by leaping to passing up skills on SMP N 2 Singaraja Voleyball. the sample are used is the students who participate on voleyball extracurricular in SMP N 2 Singaraja in 2016 totally 30 students. the subject of this study using a quasi-experimental design with pre-test post-test group design. the data are analyze by statistic calculation t-test in significant level (α) 0,05. The results of data analysis (1) the coaching of passing up with the low ball influence to the passing skills on volleyball, with the result t = 12 789> table = 2.145, (2) the coaching of passing up by leaping influence to passing skill on volleyball, with the result t = 10 752> table = 2.145, and (3) there is no significant differences between the coaching of passing up with low ball and the coaching passing up by leaping to passing up skills on voleyball t = 0.632 keyword : Volleyball passing on skill, passing on with low ball drilling, passing on
Published
2016-07-28
How to Cite
., I. W. S., ., S. S. M., & ., G. E. B. D. S. M. (2016). PENGARUH PELATIHAN PASSING ATAS DENGAN BOLA RENDAH DAN PASSING ATAS DENGAN MELONCAT TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA SMPNEGERI 2 SINGARAJA TAHUN 2016 . Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpko.v5i2.8022
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2016 I Wayan Sukayana ., Suratmin, S.Pd. M.Or ., Gede Eka Budi Darmawan, S.Pd., M.Or. .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)