Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli Pada Kelas X-1 Di SMA Negeri 1 Kuta Utara
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola VoliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK peserta didik pada kelas X-1 di SMAN 1 kuta utara tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang di gunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research). Penelitian ini di laksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, dengan rekan guru yang bertindak sebagai observer dan melibatkan partisipasi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-1 SMAN 1 Kuta utara tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan meliputi:(a) Observasi, (b) Tes, (c) Dokumentasi. Prosedur penelitiann meliputi tahap:(a) Perencanaan tindakan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi dan Interpretasi,(d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa model pembelajran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti pada siklus I presentase hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan hanya mencapai 35%. Pada siklus II aspek pengetahuan mengalami peningkatan hingga 100%, dan siklus I pada aspek keterampilan hanya mencapai 21% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hingga 92%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)