Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis It Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Materi Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas Xi Akuntansi B Smk Negeri 1 Singaraja

Authors

  • Fajar Arinata Ginting Universitas Pendidikan Ganesha
  • Satyawan I Made Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yogi Parta Lesmana Kadek Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar, Bola Basket

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Subjek penelitian yang digunakan untuk penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi B SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2023 yang berjumlah 37 peserta didik, terdiri dari 8 peserta didik putra dan 29 peserta didik putri. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik passing dan dribbling bola basket pada peserta didik SMK Negeri 1 Singaraja kelas XI Akuntansi B. Rancangan penelitian ini menggunakan dua siklus dengan model penelitian tindakan kelas, dengan masing-masing siklus tersebut terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, tes, dan instumen penelitian berupa assessment dengan penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil dari penelitian implementasi model pembelajaran  problem based learning (PBL) Berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi Bola Basket.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Ginting, F. A. ., I Made , S., & Kadek , Y. P. L. . (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis It Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Materi Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas Xi Akuntansi B Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 15(1), 1–5. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKO/article/view/82494

Issue

Section

Articles