Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Atletik (Lari Jarak Pendek) Pada Peserta Didik Kelas X-11 di SMA Negeri 9 Denpasar
Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar, siklus I, siklus IIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK Materi Atletik (Lari Jarak Pendek) menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Peserta Didik kelas X-11 di SMA Negeri 9 Denpasar. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X-11 berjumlah 39 orang dengan rincian 18 putra dan 21 putri. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar secara formatif pada materi lari jarak pendek siklus 1 tuntas 16 orang (40,9%), tidak tuntas 23 orang (59,1%) sedangkan pada siklus II tuntas 36 orang (92,2%), tidak tuntas 3 orang (7,8%), dengan demikian terjadi peningkatan secara klasikal sebesar 51,28%. Disimpulkan berdasarkan analisis data tersebut bahwa hasil belajar PJOK materi atletik (lari jarak pendek) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Implikasi penelitian ini diharapkan guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar atletik (lari jarak pendek).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)