Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Bola Basket Peserta Didik Kelas Xi-A1 Sma Negeri 7 Denpasar
Keywords:
Numbered Head Together, Hasil Belajar, Bola Basket Dribbling dan Jump shoot.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PJOK melalui materi bola basket Dribbling dan Jump shoot pada peserta didik kelas XI-A1 SMA Negeri 7 Denpasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-A1 SMA Negeri 7 Denpasar. Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik dribbling dan jump shoot dengan format asesmen teknik dribbling dan jump shoot pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data di analisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK bola basket dribbling dan jump shoot pada peserta didik kelas XI-A1. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase pada hasil belajar aspek pengetahuan dari 13 orang (27,08%) menjadi 43 orang (89,58%), pada hasil belajar aspek keterampilan dari 11 orang (22,92%) menjadi 41 orang (85,42%),pada hasil belajar aspek sikap 15 orang (31,25%) menjadi 46 orang (95,83%). Dengan demikian dapat disimpulakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) ini terbukti berpangaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)