Pengembangan Video Pembelajaran Lompat Harimau pada Pembelajaran Senam Lantai untuk Kelas VI SD

Penulis

  • I Made Parwana Adi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi lompat harimau pada senam lantai untuk peserta didik kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penilaian dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi materi pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 92,3% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain dan media pembelajaran dengan jumlah persentase sebesar 91% berkualifikasi sangat baik, uji ahli praktisi lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,7% berkualifikasi sangat baik, uji perorangan dengan jumlah persentase sebesar 93,3% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan jumlah persentase sebesar 96,7% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan dengan jumlah persentase sebesar 94,8% berkualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis video pembelajaran lompat harimau pada pembelajaran senam lantai sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VI SD sebagai media pembelajaran.

Referensi

Carolin, L.L., Astra, I.K.B., & Suwiwa, I.G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas X Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934. Farhan Hamid, D. A. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Harimau dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Multilateral, 1, 114–123. Farista, R., dan Ali, I. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Haking, D. D., dan Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Volume 2(4), hlm. 320-328. Tersedia pada: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/10156/4633. Mahadewi, Luh Putu Putrini., dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Mahmudah, A., dan Adeng, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Inndonesia, 17(1), 97–111. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/26515/12402. Mardiah dan Syarifuddin. (2018). Model-model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1). https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitraashsyibyan/article/view/24. Murod, M., Utomo, S., dan Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), hlm. 219-232. http://fenomena.iainjember.ac.id/index.php/fenomena/article/view/61/53. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. Rahmani, M. (2014). “Buku Super Lengkap Olahraga”. PT Tiga Serangkai Putra Mandiri: Jakarta. Saputra, R. (2022). Pengembangan Model Lompat Harimau untuk Siswa SMPN 5 Kota Metro. Sport Science & Education Journal, Volume 3(2), hlm. 1-11. Tersedia pada: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/article/view/2217. Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Passing Bolavoli Smp Kelas X. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 116. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet: Bandung. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan. Litera: Jakarta. Tegeh, I. M., & K. I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1(2), hal. 91-100. Tersedia pada: https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/816/704.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-03