Motivasi Masyarakat Memilih Fitness Center sebagai Tempat Berolahraga di Kota Singaraja
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi masyarakat memilih fitness center sebagai tempat berolahraga di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode survei. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 219 dan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 69 orang responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dengan persentase dari jawaban masyarakat dan member aktif fitness center. Hasil analisis data pada motivasi masyarakat memilih fitness center sebagai tempat berolahraga di Kota Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 26 (37,68%) responden, berada pada kategori tinggi sebanyak 41 (59,42%) responden, berada pada kategori sedang sebanyak 2 (2,90%), dan tidak ada responden yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah (0,00%). Dapat disimpulkan bahwa motivasi masyarakat memilih fitness center sebagai tempat berolahraga di Kota Singaraja tergolong tinggi dengan skor rata-rata sebesar 63,06.
Referensi
Aldino, R., dan Akbari, M. (2022). Motivasi Member BP GYM II Dalam Melakukan Latihan Kebugaran. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi, Volume 5(1), hlm. 39-46. Tersedia pada: https://ejurnalunsam.id/index.php/jors/article/view/6086/3487.
Dewi, N. K. A. T., Astawa, I. B. M., dan Suditha, I, N. (2014). Dampak Minimarket terhadap Eksistensi Warung Tradisional di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, Volume 2(3), hlm. 1-12. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/20426.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 5(2). hlm. 172-182. Tersedia pada: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064.
Fajarwati, S., dan Sciesarriya, V. M. (2020). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sprinter: Jurnal Ilmu Olahraga, Volume 1(2), hlm. 91-96. Tersedia pada: https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/74/75.
Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), Volume 3(2), hlm. 337–347. Tersedia pada: http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/152/134.
Khairuddin, K. (2017). Olahraga dalam Pandangan Islam. JOI: Jurnal Olahraga Indragiri, Volume 1(1), hlm. 1-14. Tersedia pada: https://ejournal-fkip.unisi.ac.id/joi/article/view/196.
Koyan, I. W. (2012). Statistika Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.
Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, Volume 5(1), hlm. 34-45. Tersedia pada: http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/64.
Muttaqin, A., Ifwandi., dan Jafar, M. (2016). Motivasi Member Fitness center dalam Melakukan Latihan Kebugaran Jasmani (Studi Kasus pada Member Wana Gym Banda Aceh Tahun 2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah, Volume 2(2), hlm. 100-113. Tersedia pada: https://jim.usk.ac.id/penjaskesrek/article/view/1902.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech, Volume 5(2), hlm. 1110-1118. Tersedia pada: https://journal.binus.ac.id/index.php/comtech/article/view/2427.
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 21(79), hlm. 1-4. Tersedia pada: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646/4079.
Sandi, I. N. (2019). Sumber dan Metabolisme Energi dalam Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Volume 5(2), hlm. 64-73. Tersedia pada: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/303/250.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, dan Akses Layanan Kesehatan. Penerbit ANDI, 2022. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=aPFeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Swarjana,+2022&ots=jI38MSJVhX&sig=u-ASlWfFJAu0-G-teGcShiQkIyw&redir_esc=y#v=onepage&q=Swarjana%2C%202022&f=false.
Unduhan
Diterbitkan
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kadek Andika Dwi Pratama, I Ketut Budaya Astra, I Ketut Semarayasa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pelatihan Olahraga Pariwisata is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.