Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Materi Bola Voli Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Ict Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2023/2024

Penulis

  • Anak Agung Mega Kartika DEwi a:1:{s:5:"id_ID";s:30:"Universitas Pendidikan Ganesha";}
  • Made Agus Wijaya
  • Anak Agung Mega Kartika Dewi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar PJOK materi bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 35 peserta didik (15 laki-laki serta 20 perempuan). Pengumpulan data dilaksanakan pada 2 (dua) aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Berdasarkanldari hasil observasi awal terdapat hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Banjarangkan diperoleh persentase pengetahuan sebesar 42,9% dan keterampilan sebesar 45,7%. Pada analisis hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan sebanyak 62,9% serta aspek keterampilan sebanyak 68,6%. Hasil belajar siklus II pada aspek pengetahuan sejumlah 85,7% dan 94,3% pada aspek keterampilan. Berlandaskan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ICT. Hallini diketahuildari persentase peningkatan nilailrata-rata siklus sehingga dinyatakan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banjarangkan pada materi bola voli meningkat secara segnifikan setelah mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ICT karena telah terbukti meningkat signifikan terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli.

 

Referensi

Adhi Negara, R., Susila, W., & D. (2015). Metode Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisio) (Issue 14144600100).

Chamalah, E., Pd, S., Pd, M., Wardani, O. P., Pd, S., Pd, M., & Press, U. (2013). Model dan metode pembelajaran. UNISSULA PRESS.

Ilhami, R., & Syahrani. (2021). Pendalaman Materi Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia. 1(1), 93–99.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran (Syarifddin (ed.)). Cendekia Publisher.

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62.

Mpika, W. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Pemahaman Murid Kelas VIA SD NEGERI 15 BARUGA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD. 9(2), 125–139.

Nasuka. (2019). Pemain Bola Voli Prestasi Nasuka (Zuliyanti (ed.)).

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Octavia, S. A. (2020). Model - Model Pembelajaran (1st ed.). CV BUDI UTAMA.

Permata Sari, N. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. 2(1), 118–137.

Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19. Pascasarjana Program Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1(1), 1–12. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/63560376/Implementasi__Sistem__Perkuliahan__Daring_berbasis__ICT_dalam__Masa_Pandemi__Wacah_COVID_1920200608-15034-12hjgpo.pdf?1591601073=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DImplementasi_Sistem_Perkulia

Rahayu, A., Rosti, R., & Adewia, M. (2022). Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe GI dan Tipe STAD. Jurnal Kiprah, 10(1), 33–43. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4449

Rangkuti, R. K., Ramli, M., & Nasution, M. I. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi Ict. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 64–69. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885

Rasmini, N. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Servis dalam Permainan Bola Voli. 2(4), 403–408.

Roji dan Eva. (2017). Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. In Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan: Vol. Vol 8 No 2.

S.Pd., M.Pd, T. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (S. ME (ed.)). Perpustakaan Nasional.

Setiawan, M. A. (2020). belajar dan pembelajaran. August.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Siti Niswatin. (2022). Penerapan Model Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara Maju Dan Negara Berkembang Mata Pelajaran Geografi Kelas Xii Ips Di Man 2 Bojonegoro. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (VI). Nusa Media.

Sugiyono. (2016). METLIT SUGIYONO.pdf (p. 336). ALFABETA,cv.

Sukerti, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD. 8, 92–101.

Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24

Sumaryoto, & Nopembri, S. (2017). Buku Guru dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. 5(1), 67–73.

Tibahary, A. R. (2019). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. February.

Winaro, P., Agus Tomi, M.Pd, D., Sugiono, D. I., & Dona Shandy, S.Pd, M. O. (2013). teknik dasar bermain baola voli. 187.

Winarto, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Universitas Negeri Malang (UM Press), January, 143.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Papeda , 17-23.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Prendatamedia Group.

Yoni, A., Purwanto, H., & Ambarwati, S. K. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-12