PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR RENANG GAYA DADA PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMA

Penulis

  • I Gede Edi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hendra Mashuri Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Renang Gaya Dada, Model ADDIE

Abstrak

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan berupa wawancara kepada pendidik dan peserta didik secara langsung saat proses pembelajaran serta melakukan survey menggunakan kuesioner analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran renang bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran renang dibutuhkan oleh peserta didik sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tuorial dalam mata pelajaran renang teknik dasar renang gaya dada dengan model ADDIE. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh 4 orang ahli yang terdiri dari ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli praktisi lapangan. Setelah divalidasi oleh ahli dilanjutkan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.A di SMA Negeri 2 Negara Penelitian ini menggunakan instrument berbentuk kuesioner dalam bentuk skala skor. Berdasarkan penilaian ahli isi materi pembelajaran mendapatkan nilai 94,66% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 99% dengan kategori sangat baik dan penilaian ahli praktisi lapangan mendapatkan nilai 98% dengan kategori sangat baik.  Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 92,8% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 93,83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar renang gaya dada ini layak untuk diimplementasikan pada saat proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran renang.

Referensi

Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, dan Lia Sahena Munthe. 2021. “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1(3): 189–97.

Ali, M. 2022. “Manajemen Mutu dalam Manajemen Mutu Pendidikan.” Jurnal Mimbar Pendidikan 3(3): 326–37.

Arifudin, Opan. 2023. “Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di indonesia.” 4(1): 13–22.

Artika, I K. G. Wira, I PT. Darmayasa, dan Ni PT. Dwi Sucita Dartini. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 10(2): 156–61. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/43109.

Dakhi, Oskah. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1): 8–15.

Erwansyah, Achmad Amik. 2016. “GAYA MENGGANTUNG DALAM PEMBELAJARAN PJOK Achmad Amik Erwansyah Abstrak.” 04: 355–62.

Fitriady, Gema, Sugiyanto, dan Tatok Sugiarto. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Olahraga Renang.” Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia 3(2): 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 104–13.

Ghiffary, Muhammad. 2020. “Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Tingkat SMP di Kecamatan Buleleng.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 8(1): 34–41.

Hasiru, Dewasni, Syamsu Qamar Badu, dan Hamzah B. Uno. 2021. “Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh.” Jambura Journal of Mathematics Education 2(2): 59–69.

Karin Preayani, Ketut, I Ketut Semarayasa, dan Peby Gunarto. 2023. “Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 10(3): 257–63.

Kristiaputra, Panji Sukma, dan Sugiarto Sugiarto. 2023. “Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada Atlet Oasis Swimming Club.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 7(1): 63–71.

Luh, Ni, dan Putu Ekayani. 2021. “Pentingnya penggunaan media siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (March): 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-.

Muryadi, Agustanico Dwi. 2017. “MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI.” Jurnal Ilmiah PENJAS 3(1): 3–16. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.

Nughroho, Fajar Abrianto, dan Fifukha Dwi Khory. 2020. “Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada.” Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 8(3): 137–42. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.

Nurrita. 2018. “Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03: 171–87.

Ribawati, Eko. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Candrasangkala : Jurnal Pendidikan dan Sejarah 1(1): 134–45.

Rosad, Ali Miftakhu. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5(02): 173.

Salasiah, Rahmadi, dan Trio Irianto. 2020. “Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 1(1): 25–31.

Selpamira, & Roepajadi. 2022. “ANALISIS KECEMASAN PADA ATLET DALAM OLAHRAGA RENANG Dwi Adiarmyartobi Selpamira Joesoef Roepajadi.” Jurnal Kesehatan Olahraga 10: 31–40.

Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1): 35–43.

Styowati, Esty, dan Febriyanti Utami. 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4): 2472–82.

Yuanta, Friendha. 2020. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(02): 91.

Yudha Prawira, Asrori, Eko Prabowo, dan Fajar Febrianto. 2021. “Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(2): 300–308.

Yuni Kartika, Ida Ayu Ngurah Agung, I Ketut Budaya Astra, dan I Gede Suwiwa. 2022. “Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque.” Indonesian Journal of Sport & Tourism 4(2): 74–83.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03

Terbitan

Bagian

Articles

Kategori