PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI IPB I DI SMA NEGERI I KUBU

Authors

  • I MADE DHITA SUPRANATHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1122

Abstract

Tujuan Peneliian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn  siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubu setelah penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head  Together, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang di hadapi guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif  model Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di Kelas XI SMA N 1 Kubu, 3) Untuk Mengetahui Solusi untuk menghadapi Kendala-kendala yang ditemui saat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Pada Siswa kelas XI IPB SMA Negeri 1 Kubu. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPB 1 di SMA Negeri 1 Kubu. Data Penelitian tentang hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes dengan alat pengumpul data adalah tes obyektif. Hasil analisis data menunujukkan terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa, Penerapan Model pembelajaran Numbered Head Together. Dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah sebesar 75 setelah diadakannya penelitian ini hasil belajar Pkn siswa sebesar 77,17 berada pada kriteria cukup pada siklus I kemudian meningkat menjadi 80,87 pada criteria ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar. Hambatan-hambatan yang dialami siswa dalam penelitian ini adalah (1) Pada saat mengerjakan diskusi kelompok ada beberapa siswa yang bercanda dalm mengerjakan tugas kelompok sehingga waktu untuk melaksanakan diskusi menjadi tebatas (2)  Masih kurang kompaknya siswa dalam diskusi terutama pada pelaksanaan penelitian siklus I, hal tersebut wajar karena seluruh siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif dengan strategi NHT. 3) Siswa masih malu-malu dalam mengemukakan pendapat hal ini dipengaruhi oleh siswa masih belum terbiasa dengan belajar kelompok. Solusinya adalah memberikan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas dan memberikan Reward bagi kelompok terbaik sehingga siswa menjadi semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar.

Downloads

Published

2013-07-28