PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL TAHUN 2012/2013

Authors

  • Ni Made Ernawati Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional di SMA N.1 Abiansemal.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan rancangan Post-test-only Control Group Design.Sampel penelitian menggunakan dua kelas siswa yang dipilih dengan teknik random kelas, yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimendan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar PKn dan dianalisis secara statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional di SMA N.1 Abiansemal. Siswa yang belajardengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping lebih baik hasil belajarnya secara signifikan dari pada siswa yang belajar dengan metode konvensional

.

Kata kunci  : Mind Mapping, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-07-30