PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI KRIA KAYU DAN KERAMIK SMK NEGERI 1 SUKASADA KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1132Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas XI Kria Kayu dan Keramik semester genap SMK N1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI semester genap SMK N1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 21 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 73,09 dengan katagori Kurang Baik. Sedangkan pada siklus II menalami peningkatan menjadi 81,90 dengan katagori Baik.Peningkatan hasil belajar siswa juga berdampak pada peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Dimana pada siklus I presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 61,90% dengan katagori Tidak Tuntas. Dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,71% dengan katagori Tuntas.
Kata-kata kunci: model pembelajaran Problem Based Instruction, hasil belajar, XI Kria Kayu dan Keramik, SMK N 1 Sukasada, PKn
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)