PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 DAWAN.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v4i2.22027Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan mengetahui kendala- kendala yang terjadi melalui menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dawan tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dawan yang jumlahnya 20. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 67.51 pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 86.3 pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 77.8 dengan daya serap 77,8%, dan ketuntasan belajar 75% pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 83.3 dengan daya serap 83.3%, dan ketuntasan belajar mencapai 90% pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PKn di kelas XI IPA 1 mengalami beberapa kendala pada siklus I yaitu (1) siswa masih belum terbiasa dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw karena pembelajaran seperti ini baru pertama kali diterapkan di kelas tersebut. (2) masih ada siswa yang belum mampu mempresentasikan hasil diskusi dikelompok ahli kepada teman dikelompok asal dengan baik. (3) masih ada kelompok yang belum mampu menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. (4) siswa masih ragu dan takut untuk mengemukakan pendapat pada saat diskusi. (5) siswa masih ragu dan takut untuk mempertanyakan materi yang diangap belum mengerti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)