PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC SKILLS) SISWA KELAS XI IA6 SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Wayan Gustama Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v4i3.22030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic skills (Keterampilan Kewarganegaraan) siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Civic Skils mencakup intellectual skills (Keterampilan Berpikir Kritis) dan participatory skills (Partisipasi aktif) siswa dalam proses pembelajaran. Civic Skills merupakan komponen yang perlu dimiliki siswa sebagai bekal mewujudkan good citizen (warga negara yang baik)

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA6 SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan kuisioner. Data yang didapat selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) meningkatnya rata-rata partisipasi aktif siswa yang ditunjukkan pada siklus pertama sebesar 13.63 yang berada dalam kualifikasi kadang-kadang menjadi 19.6 yang berada dalam kualifikasi sering pada siklus kedua. (2) meningkatnya rata-rata keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan pada siklus pertama sebesar 20,67 yang berada dalam kategori baik menjadi 27 yang berada dalam kategori sangat baik pada siklus kedua. Persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan civic skills siswa.

Downloads

Published

2019-11-25