KAJIAN TENTANG PELAKSANAAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2006 BAGI MASYARAKAT YANG MELAKUKAN PERKAWINAN (Studi Di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Putu Eka Wartamyasa Putra Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v4i3.22031

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimanakah tertib administrasi penduduk yang diterapkan di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, pihak mana sajakah yang dilibatkan dalam penertiban administrasi penduduk di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, dan Kendala dan upaya apa saja yang ditempuh untuk mengatasi kendala berkaitan dengan pelaksanaan tertib administrasi penduduk, khususnya berkenaan dengan pencatatan perkawinannya di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dengan penentuan subyek menggunakan metode purposive sampling. Data primer dan data sekunder dikumpulkan dengan teknik inventarisasi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara analisis kualitatif deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tertib administrasi kependudukan bidang pencatatan perkawinan di Desa Sudaji menurut Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan belum optimal dilaksanakan di Desa Sudaji; pihak-pihak yang terlibat dalam penciptaan tertib adminidtrasi kependudukan di Desa Sudaji adalah penduduk yang mengalami peristiwa penting, petugas administrasi di desa, petugas di Kecamatan, serta petugas pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng. Kendala kesadaran penduduk diupayakan penyelesaiannya melalui sosialisasi dan pelaksanaan pencatatan dengan ‘jemput bola. Kendala waktu dan biaya diaatasi dengan pemberian pelayanan yang lebih baik.

Downloads

Published

2019-11-25